Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Aplikasi Zoom Rilis Fitur Baru Untuk Mengusir Zoombombing

Indiekraf.com – Para penyelenggara webinar atau meeting yang diselenggarakan melalui aplikasi Zoom sekarang bisa mengusir dan melaporkan para pengganggu yang ada di acara mereka. Seperti yang kita ketahui, saat ini telah banyak Zoombombing atau orang yang dengan sengaja menampilkan konten atau video yang seharusnya tidak mereka bagikan ketika acara berlangsung. Hal tersebut tentunya bisa membuat para penyelenggara merasa terganggu.

Fenomena Zoombombing sangat meresahkan banyak masyarkat. Hal tersebut dikarenakan mereka mampu membajak acara virtual kita dengan cara mengirim gambar-gambar porno atau ujaran kebencian yang disertai ancaman. Bahkan selama pandemi, serangan tersebut kian meningkat.

Baca juga 5 Aplikasi Video Call Terbaik Untuk Melakukan Meeting Online di Era New Normal

Melihat hal tersebut, Zoom terus berupaya untuk meningkatkan kenyamanan para penggunanya, salah satunya dengan merilis fitur yang bisa mengeluarkan dan melaporkan para Zoombombing. Dikutip dari antaranews.com, Secutiry & Privacy PR Lead, Matt Nagel, menyatakan bahwa Zoom telah merilis fitur keamanan baru untuk membantu mencegah gangguan pada acara.

“Zoom merilis dua fitur keamanan baru akhir pekan ini untuk menghapus dan melaporkan peserta rapat yang mengganggu. Kami juga ingin berbagi informasi tentang alat internal yang kami gunakan untuk membantu mencegah gangguan rapat sebelum terjadi,” ujar Matt Nagel.

Baca juga Tak Mau Kalah, Google Meet Bisa Ubah Background Video Call

Dengan menggunakan fitur tersebut, para pengguna kini bisa menghentikan sementara rapat untuk memblokir dan melaporkan Zoombombing ke pihak Zoom. Mereka bisa melakukanya dengan cara mengklik ikon Keamanan, lalu klik opsi tangguhkan aktivitas peserta. Dengan begitu, seluruh kegiatan akan berhenti saat fitur tersebut diaktifkan.

Cara mengusir zoombombing (Gambar via blog.zoom.us)
Cara mengusir zoombombing (Gambar via blog.zoom.us)

Selanjutnya, mereka bisa memilih orang yang dianggap mengganggu keberlangsungan acara dan melaporkannya. Setelah itu, Zoom akan menghapus atau mengeluarkan orang tersebut dari acara mereka. Setelah itu, para penyelenggara bisa kembali melanjutkan acara mereka dengan tenang. Semua fitur tersebut bisa digunakan bagi pengguna Zoom gratis maupun berbayar.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Zoom punya senjata baru untuk tendang “Zoombombers”

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button