Industri KreatifKabar KreatifKriyaSeni Rupa

Heboh! Ditemukan Relief Zaman Soekarno di Sarinah Thamrin

Indiekraf.com – Masih ingat dengan gedung Sarinah di pusat Kota Jakarta? Saat ini, gedung ini sedang menjalani tahap renovasi, lho. Tapi siapa yang menyangka, dalam proses renovasi ini ditemukan sebuah relief atau patung peninggalan zaman Presiden Soekarno!

Awal berita mengenai patung bersejarah ini muncul di media sosial Lia Yuslan. Pemilik akun Instagram @liayuslan ini mengunggah kabar tersebut pada Jumat (8/1) lalu. Foto yang diunggah itu didapatkan dari proyek revitalisasi Gedung Sarinah. “Ada kejutan di project ini dengan ditemukan sebuah patung peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno setinggi 3×12 m (foto di slide 3, patung feat me), yang selama ini disembunyikan di dalam struktur bangunan,” tulisnya pada kolom caption.

Perempuan yang akrab dipanggil Lia ini pun mengatakan patung itu disebut disembunyikan di dalam struktur bangunan dan baru diketahui keberadaannya ketika bangunan dibongkar. Hal itu dikonfirmasi oleh Arya Sinulingga selaku Staf Khusus Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dikutip dari CNN Indonesia, Arya menjelaskan “Kemarin pada saat renovasi ternyata ada relief tersebut, ditemukan. Itu akan dibuka pada saat peresmian,”. 

Baca Juga Akhirnya! Kayutangan Heritage Malang Segera Diresmikan

PFI Jakarta Adakan Pameran Rekam Jakarta 2019-2020 Di Tengah Pandemi

Akan tetapi, Arya masih belum bisa memastikan tentang sejak kapan relief ini ada di gedung tersebut. Pengelola Sarinah pun pada akhirnya mempersiapkan agar relief tersebut bisa dipamerkan saat grand launching mendatang.  “Tidak tahu juga, tapi yang pasti selama ini kan tidak pernah terungkap. Jadi mungkin tidak sengaja tertutup selama ini,” tambah Arya.

Namun, Arya tak bisa memastikan apakah sebenarnya relief itu sudah ada sejak Sarinah dibuka pada 1960 dulu. Hal yang pasti, pengelola Sarinah sudah mempersiapkan relief itu dipamerkan saat grand launching.

Pada tahun 2020 kemarin, Sarinah memang sudah mengumumkan beberapa penutupan gerai, termasuk gerai McDonald’s yang sempat viral itu. Fetty Kwartati sebagai Direktur Sarinah mengungkapkan bahwa alasan gedung ini direnovasi tak lain untuk menyegerakan transformasi bisnis perusahaan. “Sebagai bagian dari transformasi Sarinah yang juga melibatkan renovasi gedung, ada 34 tenant yang lokasinya termasuk direnovasi,” ucap Fetty seperti dikutip Antara, Minggu (10/5/2020).

Related Articles