Digital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Hitara Black Garlic, UMKM Indonesia yang Ubah Strategi Karena Pandemi

Indiekraf.com – Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) menjadi sektor yang ikut merasakan ‘kelam’ nya dampak pandemi COVID 19. Banyak UMKM yang akhirnya terpaksa memutar strategi produksi, strategi pemasaran bahkan hingga gulung tikar karena musibah ini. Hal yang sama dirasakan juga oleh Hitara Black Garlic.

Hitara Black Garlic adalah UMKM di sektor pangan yang menjual produk pangan kemasan. Pemilik dari Hitara Black Garlic, Intan Anastasia, memaparkan bahwa tahun ini adalah tahun yang tak disangka-sangka. Pada sektor UMKM, masa seperti ini menjadi ujian yang cukup berat. Intan menjelaskan bahwa sebelum pandemi, usaha yang ia jalankan terbilang cukup sukses. Hal itu dibuktikan dengan pasar produknya yang sudah menjamah berbagai negara seperti Eropa, beberapa negara di Asia hingga Australia.

Selain di Asia Tenggara, Hitara Black Garlic juga pernah diundang ke Sydney, Australia dalam acara Halal Expo Australia. Hitara Black Garlic juga pernah diundang ke acara marketplace global yang diadakan di Paris dengan tajuk Salon International de I’alimentation (SIAL). Intan memaparkan bahwa kedepannya ia menargetkan untuk memasarkan produknya ke Amerika. 

Baca Juga Handbook Pariwisata dari Kemenparekraf Segera Terbit

Dengan adanya pandemi, Intan berusaha untuk mengubah target pasarnya. Hal itu juga ia sesuaikan dengan tingkat produksi dari Hitara Black Garlic. Penyesuaian strategi produksi ini ia jalankan untuk menyiasati sistem penjualan yang harus disesuaikan dengan kelaziman baru. Kini, mereka beralih menggunakan sistem pemasaran secara online. “Jika misalnya awalnya empat mesin yang berproduksi, saat ini hanya satu mesin dulu yang dioperasikan. Agak sedih juga sih. Karena saya sudah dibayar dari Hungaria. Selain itu, ada pesanan dari Perancis juga yang tetap harus saya kirim. Ada pesanan juga dari Dubai. Itu semua mundur jadinya,” keluh Intan.

Intan mengakui bahwa ia mendapat ilmu terkait dengan penjualan secara daring lewat kegiatan binaan dari Pertamina. Sejak Januari 2020 lalu, ia telah bergabung menjadi mitra binaan perusahaan tersebut. Dengan begitu ia juga mendapatkan pelatihan berupa seminar online hingga dukungan modal. Berkat binaan ini, akhirnya Hitara Black Garlic bisa mengikuti acara Pertamina SMEXPO 2020. Acara tersebut merupakan ajang pameran virtual UMKM RI yang diselenggarakan mulai 9 – 11 September 2020.

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close