fbpx
Acara KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifKota KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

ICCN Siap Selenggarakan Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2020

Indiekraf.com – Indonesia Creative Cities Network (ICCN) selalu mempersembahkan perayaan nasional kreativitas bangsa setiap tahunnya, melalui Indonesia Creative Cities Festival (ICCF). Meski pada tahun ini sempat tertunda akibat situasi pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia, akhirnya ICCF 2020 akan kembali diselenggarakan pada tanggal 26-28 November di Pulau Bali.

Baca juga Rakornas ICCN Berikan Semangat Baru Untuk Membangkitkan Ekonomi Kreatif Indonesia

Pada perayaannya yang ke-5 tahun lalu, ICCF 2019 diselenggarakan di Ternate, Maluku Utara, tanggal 4-5 September 2019, dengan mengangkat tema besar “Tara La No Ate”, atau yang dapat diartikan sebagai “Turun ke Bawah dan Pikat”. Para tokoh yang tahun lalu turut berperan sebagai pengisi acara adalah termasuk Martin Hartono (GDP Venture), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), serta sejumlah Bupati, Wali Kota, pelaku usaha kreatif, rekan media, akademisi, dan komunitas kreatif, yang mengisi berbagai panel dalam rangkaian acara. Mengingat ICCF 2019 yang lalu juga, perayaan jauh lebih masif dan leluasa, bahkan hingga terjadi pencapaian tingkat dunia melalui momentum “Gugu Gia Si Kololi”, yang mana lebih dari 40.000 orang bergandengan tangan sebagai simbolisasi “memeluk” Gunung Gamalama selama 7 menit. Salah satu kegiatan utama pada ICCF 2019 ini menjadi wujud tekad dan komitmen bersama untuk senantiasa menjalin serta memperkuat nilai-nilai persatuan dan kesatuan Indonesia.

ICCF yang ke-6 pada tahun 2020 ini akan diselenggarakan dengan merespons perubahan kondisi akibat pandemi, yang juga sangat berdampak terhadap kehidupan para pelaku ekonomi kreatif Indonesia. Kali ini ICCF 2020 mengangkat tema besar “Siwam, Satyam, Sundharam”, atau yang dapat diartikan sebagai “Kreativitas untuk Kemuliaan”.

“Festival kota kreatif yang memaknai pandemi untuk kemuliaan spiritual, kemanusiaan dan alam melalui kreativitas komunitas, pelaku usaha, media, akademisi, dan pemerintah daerah, yang terhubung dengan jejaring kota kreatif dunia,” jelas Fiki Satari, Ketua Umum ICCN.

Baca juga ICCN Bergegas Pulihkan Keadaan Ekonomi di Sektor Industri Kreatif

Rangkaian acara ICCF 2020 ini akan terdiri dari; Tanggal 26-27 November 2020 di Rumah Sanur, Denpasar, akan ada national conference, community sharing session, government sharing session, creative exhibition, momentum peringatan “Ayip in Memoria”, serta presentasi Catha Ekadaksa atau 11 Jurus Kota/Kabupaten Kreatif, yang menjadi program ICCN untuk menegakkan 10 Prinsip Kota/Kabupaten Kreatif; serta tanggal 28 November 2020 di Samsara Living Museum, Karangasem, akan ada living culture trip, yang akan dapat menjadi pengalaman autentik dari daya tarik kreativitas dan wisata lokal. Untuk mengambil bagian dari rangkaian pengalaman pada ICCF 2020 di Pulau Bali, informasi lanjut tersedia pada media sosial Instagram resmi @ICCNMedia.

ICCF 2020 ini dapat diselenggarakan kembali atas kolaborasi para pengurus dan anggota jejaring ICCN di seluruh Indonesia, serta dukungan dari rekan-rekan Bank Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Badan Kreatif Denpasar, Rumah Sanur, Samsara Living Museum Bali, serta Pemerintah Kota Denpasar. Sampai jumpa di ICCF 2020!

****

“Padamu Negeri, Kami Berkolaborasi! Bagimu Negeri, Kolaborasi Kami!”
Indonesia Creative Cities Network (ICCN)
www.iccn.or.id
facebook.com/iccnmedia
instagram.com/iccnmedia
twitter.com/iccnmedia
YouTube: ICCN Indonesia Creative Cities Network

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button