Aplikasi Digital dan GameDesain Komunikasi VisualFilm Animasi dan VideoPelaku KreatifReview Startup

10 Komunitas Digital Keren di Malang, Gabung Kuy!

Indiekraf.com – Halo Sobat kreatif! Malang terkenal dengan Kota Kreatif berbasis Aplikasi dan game. Tentunya didukung oleh para stakeholder yang  ada di Kota Malang, Salah satunya adalah Komunitas. Faktanya puluhan komunitas digital ada di Malang.

Kemarin kemarin kita udah coba review beberapa startup digital di Malang. Kali ini Indiekraf coba mereview 10 Komunitas Digital aktif yang ada di Malang. Mau tau apa aja ? Yuk cek dibawah ini yaa …

1. Komunitas STASION – Startup Singo Edan Malang

Stasion (Startup Singo Edan) adalah Komunitas Startup Lokal di kota Malang yang dibentuk sebagai wadah untuk membangun sinergi antar anggota-nya yang berkecimpung di dunia bisnis digital/teknologi. 

Nama Stasion merupakan kepanjangan dari STArtup SIngO edaN, di satu sisi mempunyai makna sebagai “pangkalan” atau “pos”. Stasion telah berdiri sejak tahun 2011, harapannya anggota Stasion mampu saling terhubung, kolaborasi, serta bekerjasama untuk terus berkarya dan berinovasi.

Saat ini Stasion fokus pada pengembangan internal member startup dan menyiapkan beberapa program kerja. Harapannya startup di Malang akan berkembang pesat dan menjadi salah satu kiblat industri digital di Indonesia.

Website : stasion.org | Instagram : instagram.com/stasionmalang

2. Komunitas IxDA Malang (Interaction Design Association)

IxDA Malang adalah komunitas global yang berdisplin ilmu Interaction Design baik secarak praktisi dan akademisi.  IxDA berdiri 2003 dan memiliki presiden pertama Robert Reiman, IxDA ada untuk memenuhi  kebutuhan  dibidang interaction design  yang muncul. IxDA adalah komunitas pertama yang mewadahi mereka yang tertarik dalam praktik interaction design.

Sekarang IxDA menjadi komunitas terbesar dengan 200 kelompok local dan lebih dari 100.000 individu diseluruh dunia, komunitas kami ada untuk menjadi petunjuk bagi mereka yang tertarik di bidang design utamanya interaction designMelalui pertemuan local untuk acara dan inisiatif global, komunitas IxDA ini berkumpul dan berjejaring untuk memajukan keahlian professional.

Website : ixdamalang.org | Instagram : instagram.com/ixda_malang

3. Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Malang

ADGI adalah asosiasi resmi Indonesia untuk keprofesian di bidang desain grafis. Lahirnya ADGI diawali dengan didirikannya IPGI oleh para pioner desain grafis Indonesia di tahun 1980, yang kemudian seiring dengan perkembangan dan berlalunya waktu IPGI bertransformasi menjadi ADGI pada tahun 1994, tepat pada saat kongres nasional pertama IPGI.

DI tahun 2015, ADGI secara resmi menjadi asosiasi profesi yang berbadan hukum. Untuk dapat menjangkau desainer grafis Indonesia secara luas, sampai saat ini ADGI telah mempunyai 6 cabang di seluruh Indonesia, yakni : ADGI Jakarta, ADGI Bandung, ADGI Solo, ADGI Yogyakarta, ADGI Surabaya, ADGI Malang, dan ADGI Bali.

Website : adgimalang.org | Instagram : instagram.com/adgimalang

4. Komunitas Game Developer Malang (GDM)

Game Developer Malang (GDM) berdiri pada awal tahun 2015 di Kota Malang.  Komunitas ini didirikan seiring berpotensinya para pegiat game di Kota Malang dalam membangun animasi, produk dan layanan jasa.

Produk arekMalang ini bahkan telah dikonsumsi di beberapa negara. Seperti Jepang,
Amerika Serikat dan negara-negara di Benua Eropa. Produknya seperti Burst Fighter yang dimainkan
komputer. Lalu ada Galactic Rush, yang dimainkan di ponsel.

Website : gamedevmalang.com | Instagram : instagram.com/gamedevmalang

5. Komunitas Forum Animasi Malang (FAM)

Malang menjadi salah satu kota yang melahirkan animator berprestasi, dan sebagian telah memiliki studio animasi sendiri. Animator-animator Malang ini diwadahi dalam FAM (Forum Animasi Malang).

Forum ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar studio serta bersama-sama meningkatkan kualitas industri animasi se-Malang raya melalui sharing ilmu antar studio dan personal, selain itu komunitas akan memasyarakatkan animasi kepada kalayak umum. Total saat ini ada lebih dari 8 studio animasi yang bergabung di Forum Animasi Malang. 

6. Komunitas QA Malang (Quality Assurance)

Malang Quality Assurance (MQA) merupakan komunitas non-profit yang ada di Kota Malang. Bergerak di bidang Teknologi Informasi khususnya Software Quality Assurance. MQA terbuka untuk segala bentuk kolaborasi yang bertujuan meningkatkan ekosistem Software Development.

MQA saat ini rutin menggelar acara di DILo Malang dan beberapa coworking space lainnya untuk meetup atau sharing session. Selain itu saat ini MQA aktif ke kampus dan sekolah untuk mensosialisasikan terkait QA untuk development.

Website : qamalang.org | Instagram : instagram.com/qamalang

7. Komunitas Kelas Mobile Malang 

Komunitas yang berisikan pada developer mobile apps dev baik android maupun iOS. Berawal dari banyaknya kebutuhan developer mobile yang dibutuhkan industri digital di Malang akhirnya para developer berjejaring dan membentuk komunitas bernama Kelas Mobile Malang.

Saat ini Komunitas Kelas Mobile Malang juga aktif dalam berkegiatan di coworking space di Malang. Fokus utama adalah untuk sharing dan memperbanyak developer mobile yang ada di Kota Malang.

Instagram : instagram.com/kelasmobilemalang

https://www.instagram.com/p/B4wQJpsglOn/

8. Komunitas Ngalam Backend

Dulu komunitas ini bernama PHP User Group, Komunitas ini merupakan tempat atau wadah bagi pecinta, progammer, developer, Backend Geeks, Master BackEnd, newbie atau novice hingga profesional yang berada di Malang Raya.

Komunitas ini fokus untuk berdiskusi, berbagi, belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan untuk mengembangkan dunia pemrogaman khususnya Back End Development baik secara praktisi maupun akademik sehingga memiliki nilai tambah dan daya guna yang dapat dimanfaatkan bagi kemajuan perkembangan IT Indonesia.

Instagram : instagram.com/ngalambackend

View this post on Instagram

Pergantian tahun telah bergulir. Tak terasa bertambah umur pula. Bulan ini merupakan bulan yang bersejarah untuk Ngalam Backend Community Malang dimana, disinilah awal dari perjalanan visi misi Ngalam Backend Community Malang dimulai. Semoga apapun yang telah kami sharing-kan ke member komunitas bisa terus bermanfaat. Terimakasih untuk 1 tahun yang berharga ini dan bersama-sama telah mendukung komunitas. "Happy 1st Anniversary to Ngalam Backend Community Malang" Tunggu event selanjutnya yang bakal lebih seru dari sebelum-sebelumnya Stay tune to our social media 🙂 ============================= Twitter : @ngalambackend Facebook : bit.ly/nbcFacebook Telegram : https://bit.ly/nbcTelegramGroup Whatsapp : bit.ly/nbcWhatsApp ============================= #nbc #ngalam #backend #community #ngalambackend #ngalambackendcommunity #malang #developer

A post shared by Ngalam Backend Community (@ngalambackend) on

9. Komunitas FrontenDev Malang

Komunitas yang berfokus untuk sharing tentang dunia frontend web development. Komunitas ini dulunya bernama MalangJS yang kemudian ingin melebarkan sayap untuk bisa belajar lebih banyak lagi tentang dunia Development terutama di Frontend Development. Komunitas Frontend juga saat ini aktif berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam melaksanakan event / sharing.

Website : frontendev.or.id | Instagram : instagram.com/frontendev 

10. Komunitas Facebook Developer Circle Malang

Komunitas Ini adalah forum untuk developer di Malang dan sekitarnya yang tertarik membangun di platform Facebook untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan pengembang lain yang memiliki minat yang sama.

Teknologi yang dibahas di oleh komunitas Facebook Developer Circle mencakup semua produk yang tercantum di halaman https://developers.facebook.com/products. Saat ini komunitas aktif  melakukan meetup bulanan di sebuah coworking space – The Bros.

Grup Komunitas : facebook.com/groups/DevCMalang/

FB Dev Circle
via Facebook.com

 

Baca Juga :

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button