Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifPelaku KreatifPenerbitanPeriklanan

Ini Dia Jajaran Best of Tweets 2020 Indonesia, Ada Brand Kesayanganmu?

Indiekraf.com – Beberapa waktu lalu, Twitter secara resmi mengumumkan jajaran pemenang dari penghargaan Best of Tweets 2020 Indonesia. Penghargaan ini juga merupakan ajang untuk merayakan pemasar yang telah sukses di tahun 2020. Terlebih lagi, saat ini Indonesia dan negara lainnya tengah berjuang bertahan di masa pandemi, sehingga para brand ini dianggap mampu meluncurkan kampanye yang sukses.

Terdapat beberapa kategori dalam penghargaan ini seperti Best Campaign For Driving Positive Change in Society, Best Virtual Event, Best Brand Voice, Most Tweeted about Brand, Best Launch on Twitter, Best Connection to Culture dan Best Only on Twitter. Pada acara tersebut, Dwi Adriansah sebagai Country Industry Head Twitter Indonesia memberikan keterangannya. “Banyak brand unggul di Indonesia menggunakan kesempatan ini untuk mengubah cara beriklan dalam memberikan informasi, dukungan, dan hiburan bagi konsumennya yang juga sedang menghadapi ketidakpastian ini,” ucapnya dalam event yang diselenggarakan secara virtual ini.

Untuk kategori Best Campaign For Driving Positive Change in Society, Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) berhasil menyabet penghargaan tersebut. YABB sendiri merupakan sebuah organisasi non-profit milik Gojek yang juga menggandeng KitaBisa dan Slank pada peluncuran kampanye Sumbang Suara. Paada kampanye ini pun dilakukan penggalangan dana dengan target dan menggunakan promosi via fitur Promoted Trend & First View di Twitter.

Baca Juga Apple Berencana Luncukan Mesin Pencari Sendiri, Apa Kabar Google?

Tokopedia juga berhasil memenangkan kategori Best Brand Voice lewat kampanye TokopediaWIB atau Waktu Indonesia Belanja. Dengan beberapa video kreatif serta acara yang ditampilkan di televisi maupun YouTube serta diundangnya sejumlah Kpop Group terkenal, mereka berhasil memukau konsumen. Pada kategori Best Virtual Event, IM3 Ooredoo memenangkannya lewat siaran langsung ‘Konser Silaturahmi Ramadan di Twitter’. 

Dalam penyelenggaraannya, konser virtual ini turut diramaikan dengan tagar #SilaturahmiSetiapHari dan #Collabonation selama konser berlangsung. Untuk Kategori Best Use of Video dimenangkan oleh Bank Mandiri melalui kampanye GakPakeDonlot. Bank ini menggunakan fitur video untuk mengumumkan adanya peluncuran fitur baru yang bisa digunakan calon pengguna untuk mendaftar rekening baru dengan praktis tanpa harus mengunduh aplikasi apapun.

 

Shopee Indonesia pun memenangkan kategori Most Tweeted about Brand dengan data Twitter yang menunjukkan bahwa Shopee adalah merek paling banyak dibicarakan di platform ini pada tahun 2020. Selain itu, apakah kamu masih ingat dengan celetukan “Apakah Raisa mengangkat botol galonnya sendiri?” di Twitter? Dengan kampanye ini, Aqua pun berhasil meraih penghargaan Best of Tweets 2020 Indonesia dengan kategori Best Launch on Twitter. Sedangkan untuk Best Connection to Culture dimenangkan oleh Netflix Indonesia, dan Bets Only on Twitter diraih oleh Samsung Indonesia.

Related Articles