Kuliner

Ini Dia Khasiat Bawang Putih Bakar dan Cara Membuatnya!

Indiekraf.com – Bawang Putih biasanya dikenal sebagai bumbu dapur. Masyarakat banyak menyukai jenis bumbu ini karena cita rasa gurih yang ditambahkannya ke dalam makanan. Namun siapa sangka saat ini bawang putih bisa diolah menjadi bawang putih bakar? Enak gak ya? Apa khasiatnya?

Ternyata bawang putih bakar bisa memberikan manfaat kesehatan bagi penikmatnya lho. Bawang putih terkenal sebagai bahan yang memiliki nutrisi tinggi untuk tubuh. DIkutip dari Live Strong, mengkonsumsi satu siung bawang putih bisa membantu menyumbang 3 persen kebutuhan harian sebagai antioksidan. Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung vitamin C tinggi dan diklaim mampu membunuh jamur, bakteri hingga virus.

Baca Juga Yuk Amati 7 Cara Sederhana Namun Sukses Berjualan Online

Selain itu, menurut NDTV, tak hanya meningkatkan cita rasa, proses pemanggangan atau pembakaran bawang putih bisa merangsang senyawa sehat lainnya untuk keluar. Namun, bagaimana cara memanggang bawang putih yang tepat? Sebenarnya bawang putih bisa dikonsumsi langsung (secara mentah) maupun dipanggang. Dengan proses pemanggangan, senyawa yang dihasilkan oleh bawang putih mampu tercerna oleh usus lebih mudah. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memanggang bawang putih yaitu dengan memasak diatas kompor langsung atau menggunakan oven.

Bagaimana dengan khasiat dari mengkonsumsi bawang putih panggang? Dikutip dari Leaf, ini dia beberapa manfaat dari mengkonsumsi bawang putih panggang.

Mencegah Kanker

Menurut beberapa penelitian, telah ditemukan bahwa bawang putih bisa membantu menurunkan risiko dari beberapa jenis kanker. Kanker yang menyerang sistem pencernaan seperti misalnya kanker usus adalah salah satu jenis kanker yang bisa ditekan risikonya jika mengkonsumsi bawang putih panggang secara berkala.

Menjaga Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

Bawang putih sendiri sudah terkenal menjadi salah satu bahan makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sifat antibakteri yang dimilikinya, bawang putih bisa memperkuat tubuh untuk membantu melawan penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri. Selain itu, bawang putih bisa membantu pengobatan dari radang lambung dan membuat pencernaan lebih lancar.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sudah terkenal bahwa bawang putih bisa membantu menurunkan tekanan darah hingga kadar kolesterol. Dengan begitu, bawang putih juga bisa menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular pada tubuh.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button