Acara KreatifDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifPelaku KreatifTips Kreatif

Intip Tips Penting Cari Modal Bisnis Kala Pandemi ala Dickie Widjaja

Indiekraf.com – Pandemi COVID-19 hingga saat ini meninggalkan dampak yang cukup dahsyat dalam perubahan aspek kehidupan. Untuk para pebisnis atau pemilik suatu usaha, untuk bertahan saja merupakan hal yang tak mudah saat ini. Tantangan yang lebih besar juga dirasakan untuk masyarakat yang ingin memulai usaha. Namun pencerahan datang dari Dickie Widjaja selaku Chief Information Officer Investree. Kira-kira apaan ya?

Dickie Widjaja dalam acara Young Engineer Festival 2020 membagikan tips dalam mencari modal untuk memulai bisnis meskipun di tengah tantangan pandemi. Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu (19/12) lalu. Dirinya mengklaim bahwa ada modal yang lebih penting dari dana. Modal tersebut adalah ide serta keyakinan dalam diri bahwa seseorang akan mendapatkan hasil jika mau bekerja keras. 

“Ide yang bagus dan kita memiliki keyakinan bahwa kita mau kerja keras untuk hal itu, maka dana akan datang sendiri,” ungkapnya dalam acara tersebut. Ia melanjutkan, “Terkadang orang berpikir untuk memulai bisnis ‘wah saya harus punya segala macam uang, punya tempat kerjanya/kantor dll‘. Ingat, saat memulai bisnis itu tidak akan langsung sempurna, tak akan langsung terjadi sesuai impian kita, entrepreneur juga sebuah proses,” tambahnya.

Baca Juga 4 Tips Untuk Membangun Bisnis di Bidang Animasi

Tak hanya itu, Dickie juga menjelaskan bahwa saat ini kita sebagai pelaku bisnis hari bisa benar-benar percaya terhadap ide-ide yang kita buat untuk memulai bisnis. Dengan kepercayaan yang kuat terhadap ide yang akan dijalankan, maka urusan kedepannya akan lebih mudah. “Untuk memulai suatu bisnis, misalnya startup, objektifnya adalah memastikan ide kita berjalan,” terangnya.

Jika ditanya mengenai perkiraan dana yang dibutuhkan dalam memulai bisnis, Dickie pun mengembalikan hal tersebut ke diri masing-masing. “Kembali lagi Anda butuh berapa untuk modal, kalau kita benar-benar punya cita-cita untuk memastikan startup kita terjadi, maka kamu lakukan apapun yang kamu bisa untuk ngirit, ngirit aja, uangnya semua dimasukkan untuk industri startup,” katanya. 

Ia menegaskan bahwa memulai sebuah bisnis bukan perkara ‘besar dana’ yang dibutuhkan, tetapi lebih ke pembuktian bahwa ide bisnis yang dirancang bisa berjalan. “Kalau idenya sudah jalan, kita bisa cari dana yang lebih besar lagi dari banyak orang. Kalau memang idenya bagus dan sudah jalan, percayalah dana pasti akan ada. Akan ada banyak orang yang mau membantu mendanai,” pungkasnya.

Related Articles