Digital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKreatif Tourism

Kampung YouTuber Bondowoso Mendadak Viral! Kayak Gimana, tuh?

Indiekraf.com – Di masa yang kaya akan teknologi canggih, tak sedikit masyarakat yang kini mulai tertarik dengan tren kekinian. Seperti misalnya membuat video YouTube atau karya lainnya di media sosial. Situasi ini pun dimanfaatkan oleh salah satu desa di Kabupaten Bondowoso yang akhirnya menjadi ‘Kampung YouTuber’. Seperti apa sih kegiatan yang ada di Kampung Youtuber Bondowoso ini?

Kampung YouTuber Bondowoso Kini Mendadak Viral!

Salah satu Dusun di Kabupaten Bondowoso kini mendadak viral. Hal ini tak lain karena berita mengenai Kampung YouTuber Bondowoso yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat. Ternyata julukan dari kampung ini memang diambil dari kegiatan para pemuda di sana yang gemar membuat video, nih. Secara teknis, pemuda di sana aktif menjadi seorang YouTuber. 

Adanya Kampung YouTuber ini bermula dari inisiatif Imam Januar sebagai salah satu penghuni di kampung tersebut. Awalnya, dia memang aktif membuat video di YouTube dan bisa menghasilkan rezeki dari kegiatan tersebut. Karena ada rasa ‘tak enak’ dengan pemuda lainnya, akhirnya Imam mulai mengajarkan pemuda di sana untuk membuat video YouTube.

Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Mendatangkan Rezeki bagi Warga Kampung Sekitar

Dikutip dari Urbanasia, Imam menceritakan awal mula adanya julukan Kampung YouTuber Bondowoso ini. “Jadi, awalnya saya membuat sendiri dan mendapatkan uang. Karena saya ngerasa nggak enak, akhirnya saya mengajak pemuda di kampung. Saya ajari mereka membuat YouTube dan alhamdulillah berhasil, sampai akhirnya desa ini dijuluki Kampung YouTuber,” ungkapnya.

Atas kerja keras yang sudah dilakukan, para pemuda tersebut pun berhasil meraup penghasilan yang tak sedikit lho. Beberapa di antara mereka bahkan bisa menghasilkan ratusan juta rupiah dari video YouTube yang mereka buat. Selain itu, ada juga yang bahkan sudah bisa membeli motor hingga mobil keluaran terbaru dari penghasilan tersebut.

Selain dinilai menguntungkan dari segi penghasilan, ternyata Kampung YouTuber Bondowoso ini juga jadi ramai dikunjungi. Ada juga beberapa pemuda yang datang dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, hingga Gorontalo. Hal itu tak lain karena minat para pemuda tersebut untuk belajar membuat YouTube bersama dengan Imam. 

Keren banget, kan? Semoga karya dari pemuda Kampung YouTuber Bondowoso bisa jadi contoh untuk pemuda Tanah Air lainnya ya!

Baca Juga Jumlah View Youtube Bisa Berkurang, Kenapa ya?

Related Articles