Industri Kreatif

Kapal untuk Karantina Turis Luar Negeri Disiapkan, Efektif kah?

Indiekraf.com – Mencoba untuk menyuguhkan cara karantina yang unik, Indonesia kini menjadi sorotan dunia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) tengah menyiapkan alternatif lain yaitu tempat karantina bagi wisatawan asing di Tanah Air. Mereka bahkan berencana menyediakan kapal untuk karantina turis luar negeri. Akankah hal tersebut jadi kenyataan atau akan jadi wacana belaka?

Kapal untuk Karantina Turis Luar Negeri Disiapkan, Efektif kah?

Saat ini pemerintah tengah ‘menggodok’ peraturan-peraturan yang diterapkan mengenai penanganan COVID-19. Salah satunya adalah mengatur lokasi karantina bagi turis asing yang datang ke Indonesia. Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) memaparkan terkait lokasi karantina untuk turis asing yang terbilang cukup unik, nih.

Kini, turis luar negeri bisa merasakan proses karantina di Live on Board (LOB). Sandiaga menjelaskan bahwa LOB mampu menjadi alternatif tempat karantina untuk para wisatawan luar negeri. LOB sendiri memiliki kelebihan yaitu memanjakan turis dengan karantina sambil berlayar di atas kapal. 

Hasil Koordinasi dengan Satgas COVID-19

LOB atau kapal untuk karantina turis ini merupakan hasil koordinasi dari pemerintah dan Satgas COVID-19. Hal itu disampaikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Mentkomarves. Dikutip dari Kompas, Sandiaga menjelaskan tentang kapal unik ini. “Asosiasi Jaringan Kapal Rekreasi (Jangkar) (juga) telah bersurat ke Kemenparekraf terkait kesiapan kapal dan verifikasi,” jelasnya.

Hingga saat ini, kapal untuk karantina turis luar negeri itu tengah menjalani proses verifikasi. Setidaknya ada 38 kapal yang sudah mendaftar untuk menjadi bagian dari LOB. Proses verifikasi tersebut meliputi kelengkapan CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, Environmental, Sustainability). Maksud dari dibuatnya LOB adalah menawarkan karantina dengan rasa ‘berlibur’. Nantinya, para turis bisa berlayar di kapal tersebut dan tidak diperbolehkan untuk meninggalkan kapal ke tempat lainnya.

Sebelum meninggalkan lokasi karantina, para turis akan melakukan proses tes PCR untuk memastikan kesehatan mereka. Untuk biaya karantina di LOB sendiri tidak dalam tanggungan pemerintah. Sehingga hal ini bisa terbuka untuk siapapun yang ingin melakukannya dan membayar secara pribadi.

Baca Juga sobatisoman.id Sediakan Informasi Penting Seputar Isolasi Mandiri Untuk Penderita Covid-19

Related Articles