Acara KreatifDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Kemenparekraf Gelar “The Friends of Creative Economy 2020”, Apaan tuh?

Indiekraf.com – Menjelang tahun baru, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemeparekraf atau Baparekraf) siap menggelar forum. Forum tersebut bertajuk “The Friends of Creative Economy 2020” (FCE). Hal ini dipersiapkan jelang tahun internasional ekonomi kreatif untuk pembangunan berkelanjutan di tahun 2021 mendatang. 

Forum Friends of Creative Economy 2020 ini juga merupakan inisiasi bersama antara Kemenparekraf dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Diharapkan, dengan adanya forum ini bisa menjadi ajang diskusi yang berkaitan dengan resiliensi, revival dan recovery untuk kemajuan ekonomi kreatif di masa yang akan datang.

Kegiatan ini telah dilangsungkan di tanggal 11 – 12 November 2020 kemarin bertempat di Jakarta. Kegiatan ini pun turut dihadiri oleh 112 delegasi dari 55 negara serta 8 organisasi internasional, baik secara langsung maupun via online. Peserta ini terdiri dari berbagai pelaku ekonomi kreatif, pemerintah organisasi internasional termasuk ASEAN dan PBB, sampai dengan akademisi. 

Angela Tanoesoedibjo selaku Wakil Menteri Kemenparekraf/Baparekraf pun turut memberikan sambutannya di Jakarta pada Rabu (11/11/2020) lalu. Ia mengatakan bahwa Indonesia harus bisa mendorong implementasi jelang tahun depan yang merupakan tahun internasional ekonomi kreatif dunia secara efektif, bagi pemulihan sektor ekonomi kreatif maupun ekonomi dunia. Maka dari itu, Indonesia mengusulkan tema bertajuk “Inclusively Creative: A Global Recovery” pada pelaksanaan tahun internasional ekonomi kreatif dunia 2021.

Baca Juga Handbook Pariwisata dari Kemenparekraf Segera Terbit

“Inklusivitas berasal dari keyakinan kami bahwa dengan memberikan kesempatan yang sama tanpa memandang latar belakang, ekonomi kreatif akan menjembatani kekompakan antar masyarakat. Terlebih lagi pandemi ini telah memicu disrupsi digital, dan kini saatnya mengatasi tantangan dan menangkap peluang digitalisasi serta pengaruhnya terhadap sektor ekonomi kreatif,” jelas Wamen Angela.

Dalam forum FCE 2020 ini, Indonesia juga turut merencanakan penyelenggaraan pertemuan dunia di sektor ekonomi kreatif, yaitu dengan pertemuan kedua World Conference on Creative Economy (WCCE). Rencananya acara ini akan diselenggarakan di pertengahan tahun 2021 dan bertempat di Bali, Indonesia. Tak hanya itu, forum FCE 2020 juga mengidentifikasi beberapa program serta inisiatif internasional untuk menyambut tahun internasional 2021 dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button