Acara KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar Kreatif

Kolaborasi Dengan Viu, Bekraf Ajak Sineas Muda Berkembang

Bekraf terus mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia, kali ini mengajak Viu berkolaborasi dalam industri perfilman nasional

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus berupaya merangsang perkembangan industri dan ekonomi kreatif di Indonesia. Terbaru, Bekraf menggandeng layanan video over the top (OTT) Viu, untuk mengembangkan ekosistem perfilman, melalui sebuah program yang disebut filmpreneur.

Seperti dilansir dari kontan.co.id, kepastian kolaborasi tersebut, ditandai dengan penandatanganan MOU diantara Bekraf dan Viu pada Senin (25/02).

Sinergi program kolaborasi keduanya akan diwujudkan dalam berbagai layanan Viu, yang meliputi: Viu Picthing Forum (VPF), yaitu sebuah acara tahunan Viu di Indonesia, yang akan diperuntukkan demi memfasilitasi ide cerita dan skenario dari para profesional di perfilman Indonesia, untuk diwujudkan sebagai karya produksi, sebagai Viu Originals, yang akan diputar secara global.

Selain itu, ada pula Viu Shorts!, yaitu festival film pendek tahunan Viu yang mengangkat tema keberagaman di Indonesia. Dengan fokus mengarahkan minat bakat sineas muda Indonesia ke arah bisnis perfilman sejak sangat dini.

Serta terakhir adalah, Bekraf Alkatara. Sebuah kegiatan forum pembiayaan dan investasi untuk perfilman nasional Indonesia.

Viu sendiri mempunyai tujuan untuk pemberdayaan dan pengembangan ekosistem dan industri film Indonesia, yang dalam jangka kedepan, akan mempunyai kontribusi signifikan kepada pertumbuhan ekonomi nasional.

“Bekraf, dalam nada yang sama, memiliki visi untuk membangun ekosistem kreatif yang kuat. Berdasarkan visi bersama ini, Viu dan Bekraf telah mebangun mitra dalam inisiatif strategis Filmpreneur,” ujar Nickhil Jakatdar, Founder and CEO of Vuclip, Senin (25/2).

foto: validnews.com

Dengan adanya VPF dan Viu Shorts!, Viu juga memberikan dukungan kepada Akantara, dengan sosialisasi programnya, melalui rangkaian kegiatan pada VPF. Dengan menghadirkan para profesional di dunia film internasional, dari Viu ke Akantara.

Mereka akan memberikan masterclasses, dengan topik utama “Memproduksi Konten Lokal, dengan Daya Tarik Internasional,”

Sementara dukunngan Bekraf  melalui Akantara kepada Viu, akan diwujudkan dengan sosialisasi VPF dalam tiap program Akantara. Membawa mentor Bekraf ke VPF dan Viu Shorts!, dengan membawakan workshop bertopik “Membuat Film dengan Nilai -Nilai Komersial,” serta menyediakan ruang pemutaran dan dialog film hasil kolaborasi VPF dan Viu Shorts!.

Melalui Viu Pitching Forum dan Viu Shorts, Viu telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk mengembangkan ekosistem kreatif Indonesia dan memungkinkan anak-anak bangsa siap tampil dan bersaing di panggung internasional melalui platform dan jangkauan global mereka.

Dengan Visi sinergis untuk mengembangkan ekosistem film Indonesia, kami sangat senang dapat bermitra dengan Viu,” ucap Kepala Bekraf, Triawan Munaf

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close