fbpx
ArsitekturDesain InteriorDesain Komunikasi VisualIndustri KreatifInsightKabar KreatifKota KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Pertama di Indonesia, Kolam Berkabut Ini Bisa Digunakan Untuk Relaksasi

Indiekraf.com – Kota Bandung berhasil membangun sebuah kolam berkabut pertama di Indonesia. Bertempat di Taman Puspa Kandaga, masyarakat bisa menikmati keindahan kolam ini yang mampu memberikan nuansa nostalgia zaman dulu. Tak hanya itu, kabut yang dihasilkan oleh kolam ini juga bisa bermanfaat untuk relaksasi.

Pemkot Bandung telah melakukan optimalisasi untuk menambagkan kabut dan instalasi saringan pada kolam tersebut. Kabut yang dihasilkan bukan hanya berupa asap, namun telah dimodifikasi menggunakan mist technology, sehingga mampu memberikan efek relaksasi. Selain itu, adanya instalasi saringan dapat menjadikan air yang masuk ke kolam menjadi lebih jernih.

Baca juga Malang Batik Parade 2020 Pamerkan Karya Desainer Terbaik Malang Raya

Dikutip dari humas.bandung.go.id, cara membuat kabut pada kolam tersebut adalah dengan memanfaatkan pompa bertekanan tinggi untuk menekan air melalui nozzle berdiameter nano. Hal ini akan membuat air yang akan keluar memiliki ukuran butiran yang sangat kecil. Untuk memastikan keamanan dari kabut yang dibuat, Pemkot Bandung langsung mengambil sumber air dari tanah yang terpisah dari aliran sungai.

Suasana Kolam Berkabut (Foto via humas.bandung.go.id)
Suasana Kolam Berkabut (Foto via humas.bandung.go.id)

Baca juga Quranesia Aplikasi Quran Digital Dengan Tampilan UI Terbaik Dari Kota Malang

Meski telah diresmikan, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menegaskan bahwa masyarakat masih belum diperbolehkan untuk menikmati ‘wahana’ baru tersebut. Hal ini dikarenakan pihak Pemkot Bandung masih menutup beberapa fasilitas publik, termasuk taman berkabut karena pandemi Covid-19 yang belum usai. “Tapi ke depan kalau sudah covid selesai ini bagian dari upaya kita membuat ruang publik lebih banyak,” ujarnya.

Optimalisasi kolam retensi saat ini masih menjadi fokus Pemkot Bandung. Selain bisa digunakan untuk berwisata, adanya kolam retensi bisa menjadi bagian dari upaya untuk mengatasi masalah banjir yang ada di Kota Bandung. “Saya harap bisa memberikan manfaat untuk warga Kota Bandung minimal fungsi kolam retensi ini yang pertama. Sehingga insyaallah bisa meminimalisir banjir di hilir,” jelas Oded

Referensi

[1] Kota Bandung Punya Kolam Berkabut, Pertama di Indonesia

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button