Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifKota KreatifMbois MediaPelaku KreatifReview Startup

Quranesia Aplikasi Quran Digital Dengan Tampilan UI Terbaik Dari Kota Malang

Indiekraf.com – Saat ini telah tersedia puluhan bahkan ratusan lebih aplikasi Quran digital yang bisa dipilih melalui Google Play Store atau App Store. Namun, hanya beberapa saja yang memiliki kualitas terbaik, salah satunya Quranesia. Aplikasi buatan Didats Triadi yang tinggal di Kota Malang tersebut merupakan aplikasi Quran Digital yang diklaim memiliki tampilan paling menarik diantara aplikasi yang lainya.

Dirilis pada tahun 2014, Quranesia hingga saat ini telah berhasil diunduh oleh lebih dari 5000 orang pengguna Android dan mendapatkan lebih dari 4000 reviews di App Store. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa dinikmati oleh para pengguna MacOS.

Baca juga Kisah Kesuksesan Studio Gim Dari Malang Simpleton

Didats Triadi, Founder sekaligus Developer dari Quranesia mengatakan bahwa insiprasinya untuk mengembangkan aplikasi ini berasal dari pengalamanya yang kesulitan mencari Quran digital sesuai dengan kebutuhanya. “Jadi awalnya itu, kalau saya baca Quran di versi cetak, mau pindah ke versi aplikasi, saya mesti menghapalkan saya sudah di surah berapa dan ayat berapa. Padahal saya biasa baca Quran halaman habis, maksudnya kalau baca versi cetak terus-terusan, saya akan mulai baca dari atas halaman,” ujarnya saat di wawancarai oleh tim Indiekraf pada hari Rabu (18/11) via chat.

“Akhirnya bikin sendiri di Quranesia. kalau dari versi cetak pindah ke aplikasi, Saya cuma butuh tau nomor halaman saja. Di Quranesia, ayat-ayat Quran disusun berdasarkan halaman. Aplikasi Quran lain disusun berdasarkan Surah,” tambah Didats.

Jika dibandingkan dengan aplikasi Quran digital yang lain, Quranesia memiliki keunggulan salah satunya terdapat pada sisi penyusunan ayatnya. Dadits menyusun semua surah dan ayat sesuai dengan Quran versi cetak. Hal ini membuat para pengguna yang sudah terbiasa membaca Quran versi cetak tidak akan kebingungan jika mereka ingin berpindah ke versi digital. “Quranesia disusun berdasarkan halaman. Persis lokasi halamannya dengan versi cetak Quran madinah,” jelas Didats.

Baca juga Admira Wijaya, Ilustrator Kelas Dunia dari Malang

Keunggulan lainya yaitu terletak pada tampilan atau user interface (UI) yang diklaim lebih bagus jika dibandingkan dengan aplikasi Quran digital lainya. “Keunggulan lainnya, sama seperti aplikasi Quran lainnya. Tapi kalau boleh ngeklaim, Quranesia punya UI yang bagus,” ujar Didats.

Telah berjalan kurang lebih 6 tahun, Quranesia telah memiliki banyak pembaharuan fitur dan tampilan yang terus dikembangkan oleh Dadits. Selain user interface (UI) atau tampilannya yang semakin bagus, aplikasi ini memiliki perkembangan fitur yang mampu mempermudah para penggunanya untuk mencari ayat atau surah. ”Pencarian surat yang sekarang lebih terima apapun. Misal, kalo kita lagi ngaji, kan sering tuh ustadnya bilang surah 5 ayat 100. Di Quranesia tinggal ketik “5 100” akan langsung ke ayatnya. Atau dikasih tau, surah yasin ayat 8, tinggal ketik “yasin 8” atau mau ke surahnya aja, bisa ketik nomor surahnya,” jelas DIdats.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Related Articles