Digital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKriya

Konten Kreatif di Masa PPKM Level 3-4, Seperti Apa Contohnya?

Indiekraf.com – Berada di tengah situasi sulit seperti sekarang tentu menjadi keluhan untuk sebagian besar masyarakat. Kasus COVID-19 yang tak kunjung surut memaksa pemerintah untuk melangsungkan PPKM Darurat. Terpaksa di rumah saja, tentu kita bisa merasa bosan. Tapi, kini ada berbagai macam konten kreatif di masa PPKM Darurat yang bisa kita nikmati!

Konten Kreatif di Masa PPKM untuk Dukung di Rumah Saja

Belum lama ini, Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melangsungkan pertemuan dengan berbagai pelaku kreatif. Pembahasan dari pertemuan tersebut tak jauh dari konten kreatif yang bisa diciptakan di masa PPKM seperti sekarang. Acara tersebut diberi judul ‘NGANTRI (Ngobrol Bareng Mas Menteri). Dengan judul ‘Yang Darurat Bukan Cuma PPKM!!! Mas Menteri juga Siap-Siap nih Diroasting Marshel’, acara ini berlangsung seru!

Di masa PPKM darurat, masyarakat terpaksa melakukan aktivitas dari rumah untuk meminimalisir adanya penularan virus berbahaya. Adanya hal ini dinilai bisa menjadi peluang bagi pelaku kreatif untuk bertransformasi ke bidang digital. 

Konten Kreatif di Masa PPKM Darurat, Seperti Apa Contohnya?

Acara ‘NGANTRI’ ini diselenggarakan langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Lewat akun Instagram @pesonaid_travel, pihaknya mengatakan bahwa ada sejumlah subsektor ekonomi kreatif yang menunjukkan transformasi digital secara signifikan. Tampaknya, hal ini dinilai bisa menjadi lapangan kerja menurut Menparekraf.

Sebagai dukungan, Sandiaga mendorong masyarakat untuk saling mendukung untuk menghadirkan konten kreatif di masa PPKM. “Salah satunya adalah dengan menjadi entrepreneur (wirausaha) dan membuka lapangan kerja, seperti pada bidang yang kini sedang berkembang pesat di sektor ekonomi kreatif dan berkaitan dengan kreativitas seperti kuliner, fesyen, aplikasi, atau konten digital,” terangnya.

Berusaha dan Terus Bangkit Menjadi Kunci Bangkitnya Ekonomi Indonesia

Di kesempatan tersebut, Marshel Widianto sebagai Konten Kreator turut hadir mengisi acara bersama Menparekraf. Dirinya menceritakan perjalanan dalam membuat sebuah karya hingga mencapai kesuksesannya seperti sekarang. Awalnya dipandang sebelah mata, nyatanya Marshel membuktikan bakatnya di kompetisi Stand Up Comedy. Ingin menyampaikan pesan serupa, Menparekraf mendukung pelaku kreatif lainnya untuk terus bangkit. 

“Di tengah situasi yang sulit ini, kita semua harus optimis ekonomi bangkit. Karena Indonesia alamnya indah, kreativitas tinggi dan memiliki keinginan tinggi untuk terus berinovasi demi menyelesaikan masalah secara gotong royong.” pungkas Sandiaga.

Baca Juga Apakah Membuat Konten Hasil Plagiat di YouTube Bisa Dipidana?

Related Articles