Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifKota Kreatif

Kota Bandung Berhasil Menjadi Kota Paling Inovatif di Tahun 2020

Indiekraf.com – Kota Bandung terus bekerja keras untuk memberikan layanan terbaik bagi warganya. Meski masih dalam keadaan pandemi Covid-19, hal tersebut tidak menyurutkan semangat Pemkot Bandung untuk terus menciptakan inovasi baru yang bermanfaat. Salah satunya adalah adanya pembangunan Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL 2) Plus.

Lab tersebut merupakan salah satu inovasi yang paling fenomenal di masa pandemi ini. Hadirnya Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL 2) Plus sangat memberikan dampak pada bidang kesehatan yang ada di Bandung. Hal ini dikarenakan lab ini mampu mempercepat proses pengujian hasil uji usap (swab test), sehingga data penyebaran virus Covid-19 dapat diketahui lebih cepat dan akurat.

Baca juga Keren! Bandung Resmi Menjadi Bagian Dari Jaringan Kota Kreatif UNESCO

Selain di bidang kesehatan, Pemkot Bandung juga telah berhasil menciptakan inovasi di bidang kependudukan dengan membuat aplikasi Salaman (Selesai Dalam Genggaman). Aplikasi ini mampu memudahkan masyarakat untuk mengajukan atau mengurus dokumen kependudukan secara online. Karena dinilai sangat bermanfaat untuk membantu mengurus dokumen warga saat pandemi, aplikasi ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Top 10 Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) tahun 2020.

Selain aplikasi Salaman, terdapat juga platform pengaduan online bernama LAPOR (Pengaduan Online Rakyat) yang juga mendapatkan juara pertama dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional 2020 untuk kategori Outstanding Achievment. Kompetisi tersebut merupakan ajang pemberian penghargaan kepada instansi dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik terbaik di Indonesia. Kota yang memiliki julukan Parisj Van Java ini berhasil mengalahkan 439 instansi yang juga mengikuti kompetisi tersebut.

Baca juga Kabar Gembira! Kota Malang Berhasil Mendapatkan Penghargaan di Indonesia Awards 2020

Masih banyak lagi inovasi yang telak diciptakan oleh Pemkot Bandung. Hingga saat ini, telah terdapat total 54 penghargaan dari berbagai pihak mulai dari tingkat provinsi hingga nasional yang berhasil didapatkan oleh Kota Bandung selama tahun 2020 ini. Hal tersebut sekaligus menambah koleksi penghargaan kota tersebut menjadi 226 penghargaan yang telah didapat sejak 2018.

Dengan jumlah inovasi dan penghargaan yang berhasil diraih tersebut, Kota Bandung kini resmi meraih Innovative Government Award (IGA) 2020. Kementerian Dalam Negeri menilai Kota Bandung sebagai Kota Sangat Inovatif 2020.

Referensi

[1] Pandemi Covid-19 Tak Surutkan Pemkot Bandung Berinovasi

Related Articles