Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifMbois Media

Kabar Gembira! Kota Malang Berhasil Mendapatkan Penghargaan di Indonesia Awards 2020

Indiekraf.com – Kota Malang berhasil mendapatkan penghargaan di ajang Indonesia Award 2020 dalam kategori pemulihan ekonomi berbasis e-commerce. Prestasi tersebut didapatkan karena kota ini berhasil memulihkan perekonomian masyarakat pada saat pandemi Covid-19, khususnya untuk berkembangnya UMKM atau pengusaha yang berbasis e-commerce.

Acara Indonesia Award 2020 digelar di Jakarta Concert Hall, Inewa Tower, MNC Center, Jakarta Pusat pada hari Rabu malam, (7/10). Acara tersebut dihadiri langsung oleh Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji dan sekaligus menerima penghargaan yang diberikan. Dikutip dari kumparan.com, Sutiaji mengatakan bahwa UMKM berbasis online di Kota Malang akan terus tumbuh kedepanya.

Baca juga Pemkab Malang Segera Lakukan Digitalisasi Pasar Tradisional Melalui pasar.id

“Insya Allah dari Bumi Arema, usaha perdagangan berbasis online akan berkembang dan semakin mewarnai dinamika perekonomian bangsa kita, dari Malang untuk Indonesia” ujarnya. Sutiaji juga berharap agar penghargaan ini bisa menjadi penyemangat bagi UMKM Kota Malang untuk terus mengembangkan usahanya lebih besar lagi.

“Hadiah ini, adalah untuk masyarakat Kota Malang. Terima kasih atas segala dukungan bagi Pemerintah Kota Malang selama ini, semoga raihan prestasi dapat terus kita torehkan di masa yang akan datang,” tutup Sutiaji.

Wali Kota Malang saat menerima penghargaan (Foto via kumparan.com)
Wali Kota Malang saat menerima penghargaan (Foto via kumparan.com)

Pemerintah Daerah saat ini telah gencar untuk melakukan digitalisasi terhadap proses jual beli yang ada di Malang Raya. Salah satu buktinya adalah dengan diselenggarakannya event Festival Mbois 5 di Malang yang terus mendukung UMKM lokal terus berkembang. Dalam event itu juga dilakukan peresmian Mbois Store, sebuah platform digital yang berisikan produk-produk UMKM.

Baca juga Kota Malang Kini Punya Situs Jual Beli Online untuk Produk UMKM Lho

Selain itu, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) bekerjasama dengan komunitas lokal juga telah meresmikan situs Malanggleerrr.com untuk membantu penjualan produk UMKM secara online. Saat ini, telah terdapat lebih dari 100 produk yang terdaftar disitus tersebut.

Langkah digitalisasi ini juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Malang yang juga turut meresmikan situs pasar.id agar masyarakat bisa membeli kebutuhan harianya secara online di seluruh pasar tradisional yang ada di Malang. Hal ini juga sebagai bentuk upaya untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Referensi

[1] Pulihkan Ekonomi UMKM saat Pandemi, Kota Malang Raih Indonesia Award 2020

Related Articles