Aplikasi Digital dan GameDesain ProdukDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Lewati Apple, Kini Xiaomi Resmi Masuk 3 Besar Merek Ponsel Terbesar

Indiekraf.com – Siapa sangka, berita mengejutkan datang dari merek smartphone ternama yaitu Xiaomi. Kini Xiaomi berhasil menduduki peringkat di 3 besar merek ponsel terbesar di dunia pada kuartal III tahun 2020. Yang lebih mencengangkan lagi, Xiaomi berhasil unggul dan mengalahkan merek Apple. Padahal Apple belum lama ini telah meluncurkan iPhone 12 yang cukup mengundang perhatian masyarakat dunia.

Lembaga yang menerbitkan hasil penilaian ini adalah lembaga riset dan analisis data yaitu IDC, Canalys, dan Counterpoint. Menurut laporan yang diterbitkan oleh Canalys, pembatasan operasional bisnis dampak dari pandemi COVID-19 yang mengguncang dunia ternyata tak berpengaruh terhadap distribusi produk Xiaomi. Di Q3 tahun 2020, jumlah penjualan smartphone memang sempat turun meskipun hanya sekitar 1 persen jika dibandingkan dengan Q3 di tahun 2019.

Baca Juga iOS 14 Apple Segera Muncul, Sekeren Apa Sih?

Dalam kuartal ini, Xiaomi juga terlihat agresif dalam memproduksi ponsel pintar dalam jumlah yang tak sedikit. Hal itu tak lain untuk mengisi kekosongan yang juga dampak dari penurunan produksi dari brand lainnya. Kini, di pasar Eropa Xiaomi telah tumbuh sebesar 88 persen. Menurut laporan dari Counterpoint, performa dari Xiaomi saat ini dinilai berkembang pesat untuk pasar di Tanah Air juga di negara Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam dan Fillipina. 

Dikutip dari keterangan resmi Xiaomi, pihak mereka menjelaskan “”Pada kuartal ini Xiaomi mencapai pengapalan smartphone terbesar yakni sebanyak 46,2 juta unit,”. Tak hanya itu, Xiaomi juga dilaporkan berhasil bersaing dan melewati peringkat Apple dengan pangsa pasar sebesar 13,1 persen. Menurut laporan dari IDC, pertumbuhan pangsa pasar dari brand Xiaomi meningkat hingga 42 persen jika dibandingkan dengan Q3 di tahun 2019. 

Performa yang dihasilkan oleh perusahaannya kurang lebih banyak disumbangkan oleh pasar India yang sudah kembali pulih. Tak hanya itu, pasar di China juga semakin kokoh untuk menopang performa brand Xiaomi. Perusahaannya juga mencatat pendapatan yaitu sebesar 103,24 miliar renminbi sebagaimana tertera di laporan keuangan Semester I 2020. Di pasar Indonesia sendiri, Xiaomi juga menguasai pangsa pasar produk audio pintar beradasarkan riset yang dilakukan oleh Canalys di bulan Juli 2020.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button