Acara KreatifKabar KreatifPelaku Kreatif

LO KREATIF 2022: Ajang Adu Kreativitas Mahasiswa Masa Kini

Indiekraf.com – Mengasah kreativitas di masa seperti sekarang menjadi tantangan besar bagi seluruh masyarakat. Hal ini karena kemajuan dan perkembangan suatu bangsa tidak bisa dipisahkan dengan kata ‘kreativitas’. Sebagai upaya mendukung hal tersebut, APTISI Wilayah VII Jawa Timur mengadakan lomba dengan tajuk “LO KREATIF 2022”. Seperti apakah berlangsungnya lomba tingkat nasional itu? Simak artikelnya di bawah ini yuk!



LO KREATIF 2022: Ajang Adu Kreativitas Mahasiswa Masa Kini

LO KREATIF 2022: Ajang Adu Kreativitas Mahasiswa Masa Kini
Sumber : Dokumentasi Acara LO KREATIF 2022

 

Dengan tema besar “Mewujudkan Inovasi Kreatif Anak Bangsa untuk Merdeka Belajar”, lomba tingkat nasional ini diselenggarakan oleh APTISI Wil. VII Jawa Timur. Acara LO KREATIF 2022 sendiri memiliki arti yaitu Lomba Nasional Kreativitas Mahasiswa. Seperti namanya, lomba ini diadakan untuk mendorong mahasiswa dalam mengasah kreativitas mereka terutama di bidang yang sesuai dengan tema yang diusung. Pelaksanaan nya berlangsung mulai tanggal 5 September sampai 18 November 2022 lalu. 

 

Rangkaian lomba tingkat nasional ini terdiri dari beberapa tahap seperti pendaftaran dan unggah karya, penjurian tahap 1, serta tahap final. Tahapan final sendiri disiarkan secara daring lewat akun YouTube LO KREATIF. Untuk memperkuat hasil karya dari kegiatan lomba ini, panitia acara pun berkolaborasi dengan beberapa dewan juri ternama. Beberapa di antaranya hadir dari kalangan industri sampai bidang akademisi. 

 

Webinar dan Studium Generale dalam Rangkaian Acara

Selain adanya lomba tersebut, kegiatan lain di acara LO KREATIF 2022 adalah webinar pada opening dan closing ceremony. Tema pada webinar opening ceremony bertema “Peran Anak Bangsa dalam Mendukung Ekonomi Kreatif untuk Kemandirian”. Lewat talkshow tersebut, turut diundang pembicara seperti Bapak M. Syauqi Haris selaku CEO PT. Narasumber Teknologi Indonesia, Ibu Mira Sahid selaku Founder & Entrepreneur Kumpulan Emak Blogger, serta Bapak Dadik Wahyu Chang selaku CEO Utero.id. 

 

Sedangkan pada closing ceremony, tema yang diangkat dalam webinar adalah “Aktualisasi Merdeka Belajar dalam Mewujudkan Indonesia Maju”. Turut diundang pula narasumber seperti Ibu Maria Yuliastuti, S.Sos., M.Med.Kom selaku Akademisi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Ibu Alexandra Ruth Santoso, S.Ds., M.A selaku Akademisi Universitas Ciputra. Menjadi highlight acara selain talkshow, kegiatan closing ceremony juga dipadukan dengan Studium Generale. Acara ini juga turut mengundang narasumber yaitu  Gubernur Jawa Timur, Hj. Khofifah Indar Parawansa. 

 

Rangkaian kegiatan LO KREATIF 2022 pun dikemas dan dihadirkan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dalam berkarya kreatif melalui sharing pengalaman dari seluruh narasumber yang sekaligus sebagai praktisi dan akademisi yang kompeten di bidangnya.

Baca Juga Inovatif! Kecamatan Klojen Gelar Lomba Konten Video Promo Untuk UMKM

Related Articles