Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifPelaku KreatifTips Kreatif

Local Hero Digital Startup di Indonesia

Perkembangan zaman sudah sangat terasa jika kita bicara tentang teknologi. Banyak hal yang berubah ke arah positif karena adanya teknologi. Salah satu yang membuat perkembangan terasa nyata adalah adanya startup di Indonesia. Startup sendiri merupakan perusahaan yang baru dirintis atau baru didirikan. Pada umumnya perusahaan tersebut masih dalam fase penelitian dan pengembangan. Meskipun bisa dibilang baru, namun banyak bisnis startup yang nyatanya membawa dampak positif. Di tengah pandemi seperti sekarang, tentunya penting bagi suatu usaha untuk menjawab keresahan masyarakat dengan memberikan solusi yang tepat. Sehingga, sebuah startup dapat digolongkan menjadi sebuah local hero.

Permasalahan mengenai pandemi masih terus hangat dibicarakan sampai sekarang. Tak sedikit juga orang mengeluhkan tentang terus meluasnya wabah ini. Di masa seperti sekarang, pelaku usaha perlu bekerja keras. Begitu pula dengan masyarakat sebagai konsumen yang harus menyiasati kegiatan konsumsinya agar tetap aman. Hal itu disebabkan oleh adanya larangan yang terjadi akibat pandemi. Seperti yang kita tahu, dengan adanya wabah berbahaya menyebabkan keterbatasan orang – orang dalam berinteraksi satu sama lain. Namun, beberapa startup berikut tampaknya berpotensi menjadi local hero saat ini. Hal itu karena mereka dianggap dapat menjadi solusi yang baik untuk keresahan masyarakat selama pandemi. Siapa saja sih? Simak di bawah ya!

 

  • Bukalapak

Bukalapak menjadi salah satu perusahaan yang dianggap mampu membantu banyak pihak untuk melakukan transaksi jual – beli. Mereka dapat memfasilitasi orang – orang sebagai konsumen untuk tetap membeli barang yang ada di platform tersebut tanpa harus berinteraksi secara offline. Mereka juga menjadi pemecah masalah bagi para pelaku usaha yang tidak mampu membuka toko karena anjuran physical distancing. Sehingga pebisnis dapat mendaftarkan tokonya di Bukalapak.

Baca Juga

Quo Vadis Industri Digital Bersama CEO Tirto.id

5 Rekomendasi Restoran Korea di Malang

 

  • Halodoc

Startup di bidang kesehatan yang satu ini menjadi pemecah kerisauan masyarakat. Mengapa begitu? Tak sedikit ternyata orang yang ingin berobat atau hanya sekedar membeli obat namun tidak berani keluar rumah untuk mencegah penyebaran virus yang lebih luas. Maka, Halodoc lahir sebagai solusinya. Halodoc merupakan sebuah aplikasi yang dapat diakses untuk melakukan telekonferensi secara daring untuk melakukan konsultasi. Selain itu, terdapat fitur dimana pasien dapat melakukan pemberian obat dan diantar ke rumah sehingga membantu para pasien mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

 

  • Ruangguru

Sejak merebaknya kasus COVID-19 di Indonesia, sekolah maupun universitas terpaksa ditutup untuk mencegah persebaran kasus yang lebih tinggi. Akan tetapi, banyak orang tua orangtua maupun murid merasa kurang puas dengan ilmu yang didapatkan secara daring. Sehingga, Ruangguru mampu menjadi solusinya. Mereka menyediakan jasa berupa bimbingan belajar secara daring. Para murid dapat tetap mendapatkan penjelasan pelajaran yang lebih intens tanpa harus berinteraksi secara langsung dengan guru maupun teman lainnya. 

Nah, itu dia beberapa startup di Indonesia yang menjadi pahlawan di masa pandemi. Selain perusahaan – perusahaan di atas juga terdapat startup lain yang tak kalah bermanfaat untuk masyarakat. Semoga informasi di atas bisa membantu ya!

 

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button