Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri Kreatif

Lulus Sertifikasi Digital Marketing BNSP, Para Peserta Dapat Tantangan Ini Dari Pemkot Malang

Indiekraf.com – 25 Peserta pelatihan dan sertifikasi digital marketing Indiekraf bersama Disporapar Kota Malang usai  melakukan ujian pada 11 Agustus 2022 lalu. Usai event para peserta pun mendapat tantangan dari pihak pemerintah Kota Malang.

Tantangan tersebut disampaikan oleh Plt Kadisporapar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni. Menurutnya, tantangan yang sebenarnya dari para peserta sertifikasi dari BNSP ini justru bukan pada ujian akhir, namun apa yang bisa mereka lakukan bagi Kota Malang, dan juga bagaimana ilmu yang mereka dapatkan bisa diaplikasikan kepada industri UMKM dan startup di Bumi Arema.

“Tantangan besar para peserta yang sudah lulus ujian sertifikasi adalah, bagaimana ilmu mereka akan bisa dirasakan manfaatnya kepada komunitas dan masyarakat. Untuk itu, kami juga akan mendukung dan menggandeng mereka. Harapannya bisa  ada komunitas digital marketing yang bisa menularkan ilmu nya kepada para pelaku ekraf lainnya di Malang,” beber wanita berdarah Bali tersebut.

Ujian akhir sertifikasi digital marketing dilaksanakan di IndigoSpace Kota Malang. Diikuti 25 peserta dari beragam latar belakang, ujian digelar secara daring, dengan tim penguji, berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang langsung ditunjuk oleh langsung oleh BNSP.

BACA JUGA:

Tes yang diberikan oleh asesor adalah berupa wawancara langsung. Teknisnya 25 peserta dibagi dalam beberapa kelompok, dan diuji oleh para asesor, dengan beragam pertanyaan, yang didasarkan dari tugas yang sebelumnya sudah dikerjakan secara mandiri oleh peserta, beberapa waktu sebelumnya.

Khafid Fidiansyah salah satu peserta mengakui mendapatkan pengalaman baru  dari gelaran ini. Banyak ilmu dan manfaat yang ia dapatkan, baik dari ketika workshop, maupun menghadapi ujian akhir dari para penguji. Pria yang sehari – hari bekerja sebagai seorang copywriter ini mengakui, bahwa standarisasi digital marketing memang diperlukan, khususnya dalam profesi yang dia geluti sekarang ini.

“Karena digital marketing kan memang tidak ada kampusnya ya, jadi sertifikasi standar BNSP ini memang perlu untuk bisa memastikan dan membuktikan kemampuan kita dalam industri pemasaran online ini. Insha Allah saya akan berupaya untuk mengaplikasikan ilmu yang saya dapat ini juga untuk membantu teman – teman UMKM,” bebernya.

Selain Indiekraf dan Dispoparapar, sertifikasi yang baru pertama kali diadakan di Kota Malang ini, juga berkolaborasi dengan Argia Academy, yang selama 3 hari membantu peserta dengan memberikan beragam materi terkait dengan digital marketing.

Related Articles