Acara Kreatif

Malang Flower Carnival 2018

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang

Mengambil tempat di Jalan Ijen, yang menjadi salah satu ikon Kota Malang, Malang Flower Carnival (MFC) 2018 bakal digelar pada 9 September 2018. Warna-warni bunga dalam beragam bentuk dan desain akan menjadi tontonan yang unik dan menarik. Ratusan peserta dengan aneka kostum memeriahkan MFC yang biasanya dipadati ribuan pengunjung.

Para peserta karnaval dibagi dalam dua kategori, yakni kategori anak dan dewasa. Dengan kostum atau busana yang berdimensi besar, mereka melenggang di ruas Jalan Ijen yang pada saat acara berlangsung akan menjadi semacam catwalk. Sekitar 75 persen busana peserta harus berornamen bunga, dan material lainnya terbuat dari bahan-bahan daur ulang.

Peserta tidak hanya berasal dari Malang, tapi juga dari daerah-daerah lain di Jawa Timur, seperti Banyuwangi, Batu, Bondowoso, Jember, Kediri, Nganjuk, Probolinggo, Surabaya, dan beberapa kota lainnya. Jumlah peserta meningkat pada beberapa tahun belakangan. Pada 2016, MFC dimeriahkan 115 peserta, dan pada 2017 meningkat menjadi 214 peserta. Diperkirakan pada tahun 2018 ini, yang merupakan penyelenggaraan yang kesepuluh, jumlah peserta akan meningkat seiring kian gencarnya promosi yang telah dilakukan.

Gelaran tahunan ini dikemas secara atraktif. Selain diikutkan dalam parade yang indah dan megah, busana dan gerakan tarian para peserta juga dilombakan. Tentu saja kriteria penilaian didasarkan pada keunikan dan keindahannya. Pemenang dari tahun-tahun sebelumnya tidak diperbolehkan mengikuti lomba lagi, tapi diperbolehkan berpartisipasi dalam parade grand show.

Ada pula pertunjukan budaya yang dipersembahkan oleh beberapa negara sahabat. Keberadaan pertunjukan semacam ini bisa dipahami karena MFC sudah dikenal di panggung internasional. Pada 2014, tim MFC berhasil menyabet penghargaan The Best Performances dalam Parade Budaya Internasional di Moskow. Setelah sukses di ibukota Rusia itu, mereka tampil memukau dalam helatan budaya dan pariwisata di Taiwan.

Lalu, pada tahun 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia, MFC juga meraih sukses. Penghargaan Best National Costume, Miss Queen Tourism Ambassador International, berhasil mereka bawa pulang ke tanah air.

Diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang serta didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata, MFC bertujuan untuk semakin memopulerkan pariwisata Kota Malang sehingga berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan. MFC 2017 mampu menyedot sekitar 5.000 pengunjung.

Malang, sebagai kota pelajar dan wisata dengan hawa yang sejuk karena dilingkungi sejumlah gunung, sangat mudah dicapai melalui darat dari kota-kota lain di Jawa, khususnya Jawa Timur. Tersedia sejumlah penerbangan langsung Jakarta-Malang, juga Malang-Jakarta, setiap harinya dengan waktu tempuh hanya sekitar satu jam 25 menit. Untuk akomodasi, Malang punya banyak pilihan hotel/penginapan.

Narahubung:
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang
Telepon: +62 341 404515
Email: [email protected]
Situs web: http://budpar.malangkota.go.id
Twitter: @BUDPARMALANG
Facebook: BUDPARKOTAMALANG

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close