Desain ProdukIndustri KreatifInsightKota KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Menelusuri Keunikan Tempat Wisata Desa Karanganyar

Indiekraf.com – Pergi berwisata tampaknya menjadi keinginan semua orang ketika pandemi covid-19 ini berakhir. Beberapa orang mungkin sudah memiliki rencana tempat liburan yang akan dikunjungi nantinya. Jika kamu termasuk orang yang ingin pergi liburan, jangan lupa untuk memasukkan Desa Karanganyar di kawasan wisata Candi Borobudur sebagai list tempat liburan kamu.

Di desa ini, kamu bisa mendapatkan berbagai pengalaman baru, khususnya suasana pedesaan yang khas. Selain itu, Desa Karanganyar juga sangat diminati sebagai tempat wisata karena sebagian besar penduduknya banyak yang bekerja untuk memproduksi gerabah.

Baca juga Wajib Catat! Ini Dia Hal Penting Yang Kalian Harus Tahu Sebelum Berwisata Ke Candi Borobudur

Salah satu pengrajin yang ada di Desa Karanganyar (Foto via wonderfulimage.id)
Salah satu pengrajin yang ada di Desa Karanganyar (Foto via wonderfulimage.id)

Ternyata, melihat proses pembuatan gerabah yang memiliki bahan dasar dari tanah liat ini mampu memberikan daya tarik bagi wisatawan. Pelancong yang mengunjungi Desa Karanganyar bisa melihat langsung proses membuat gerabah mulai dari awal hingga akhir. Tak hanya itu, mereka juga bisa mencoba langsung untuk membuat gerabah yang hasilnya bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Gerabah sudah menjadi penggerak roda ekonomi bagi masyarakat yang ada di Desa Karanganyar, tepatnya di Dusun Klipoh. Desa ini sudah sejak lama dikenal sebagai sentra industri gerabah. Adapun berbagai macam produk yang bisa ditemukan disini antara lain adalah teko, cobek, kendi, kuali, vas, dan masih banyak lagi.

Baca juga Petani Milenial di Gunung Kidul Sulap Lahan Gersang Jadi Tempat Wisata

Salah satu hasil gerabah yang ada di Desa Karanganyar (Foto via wonderfulimage.id)
Salah satu hasil gerabah yang ada di Desa Karanganyar (Foto via wonderfulimage.id)

Selain itu, desa ini juga terkenal dengan produk kerajinan bronjong atau saringan tahu. Warga Desa Karanganyar mampu memproduksi bronjong dengan kualitas yang bagus dan tahan lama. Oleh karena itu, banyak pengusaha tahu yang ada di luar Magelang bahkan luar Jawa yang tertarik untuk membelinya.

Bagaimana, kamu sudah tertarik untuk mengunjungi Desa Karanganyar? Jika iya, sebaiknya segera buat rencana untuk berwisata serta belajar membuat gerabah disana. Disini juga terdapat spot foto yang ‘instagramable’ jika kamu mengunjunginya pada pagi hari. Jangan khawatir jika susah untuk menemukan informasinya karena disini juga telah disiapkan jasa pemandu yang siap menemani kamu.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Gerabah Klipoh dan Pagi yang Indah di Desa Karanganyar Magelang

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button