Digital KreatifTips Kreatif

Rahasia Mengelola Tim yang Efektif dengan Teknik One Minute Manager

Ini tipsnya biar tim kamu nggak ilang-ilangan!

Indiekraf.comTeknik One Minute Manager Kesuksesan sebuah startup ditentukan oleh kesuksesan founder dalam membangun timnya. Dengan kata lain, peran tim sangat berpengaruh dalam menentukan kesuksesan startup, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan strategi-strateginya.

Untuk mengelola tim yang efektif, terdapat teknik yang sudah diteliti sebelumnya kemudian dituangkan pada buku The One Minute Manager karya Ken Blanchard dan Spencer Johnson. Buku ini adalah buku tentang manajemen yang membahas seorang pemuda dalam mencari manajer yang efektif dan bersedia bekerja sama dengan timnya.

Dalam pencariannya, pemuda tersebut bertemu dengan berbagai tipe manajer mulai dari otokratis yang hanya mempedulikan hasil kerja dan manajer demokratis yang hanya peduli pada rakyatnya. Sementara itu, dia mencari manajer yang mampu mengelola tim agar mendapat hasil kerja yang baik hingga bertemu pada manajer dengan sebutan “One Minute Manager”.

Manajer tersebut hanya membutuhkan waktu sedikit atau dikenal satu menit untuk mencapai hasil yang besar. Nah berikut ini rahasia mengelola tim dengan teknik one minute manager.

1. One Minute Goals 

one minute goal dalam teknik one minute manager

Pengaturan satu menit untuk membicarakan goal dalam teknik one minute manager bertujuan menetapkan standar kerja yang diinginkan agar tujuan tim tersebut tercapai. Mulailah teknik ini dengan menyiapkan satu lembar kertas kemudian memberikan waktu satu menit untuk menuliskan tujuan masing-masing anggota tim.

Untuk implementasi berkelanjutan, sebaiknya sebagai leader kamu mengadakan pertemuan secara rutin dan mengambil waktu satu menit untuk membicarakan target mingguan. Bertanyalah kepada tim mengenai “apa target yang ingin kamu selesaikan minggu ini?” Dengan begitu, kerja sama tim akan selalu terjaga dan tujuan bisnis akan tercapai melalui koordinasi yang baik.

2. One Minute Appraising

One minute appraising adalah kondisi satu menit untuk memberikan apresiasi atas kinerja yang diberikan oleh tim. Hal ini bisa dilakukan ketika pertemuan mingguan sebelum membicarakan goal atau target minggu selanjutnya.

Hargailah pekerjaan yang sudah tim kamu lakukan. Berikanlah pujian pada pencapaian kerja yang mereka lakukan dan beritahukan hal-hal yang sudah berjalan dengan baik. Selain itu, tidak ada salahnya untuk memberikan saran perbaikan atau pengembangan pada hal-hal yang masih belum berjalan sesuai rencana.

Baca juga: Cara Mudah bagi UMKM Mengelola Media Sosial

3. One Minute Redirect dalam Teknik One Minute Manager

Setiap hal yang belum berjalan sesuai rencana dapat diperbaiki dengan melakukan evaluasi dan pengarahan ulang dari leader. Lakukan pengarahan ulang dan tunjukkan bawa kamu percaya kinerja tim akan lebih baik.

Hal ini sangat berguna karena tidak ada sesuatu yang instan. Kinerja tim yang baik dibangun dengan arahan oleh pemimpinnya. Jangan sungkan juga untuk memberikan teguran jika hal itu dirasa perlu dilakukan.

Sudah tahu rahasia manajemen tim yang efektif bukan? Ingat, tim merupakan aset terbesar untuk kesuksesan kerja sama dalam bisnismu. Lakukan manajerial tim yang efektif dengan menerapkan teknik one minute manager dan menjadi manajer satu menit untuk diri sendiri dan timmu.

Penulis: Ira Gusmiarti

Related Articles