Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar Kreatif

Netflix Segera Lebarkan Sayap ke Bisnis Game

Indiekraf.com – Netflix dikabarkan akan segera melakukan langka besar dengan ekspansi layanannya ke video game. Ini merupakan salah satu cara agar perusahaan asal Amerika Serikat tersebut bisa terus berkembang, terlebih saat ini telah banyak kompetitor yang mereka hadapi seperti Disney+ Hotstar, HBO Max, dsb.

Keseriusan Netflix untuk masuk ke dunia game dibuktikan dengan bergabungnya Mike Verdu, mantan eksekutif perusahaan Electronic Arts dan Facebook. Verdu dikabarkan akan langsung menjadi vice president of game development Netflix.

Bergabungnya Verdu dapat dibilang adalah langkah tepat yang dilakukan oleh Netflix. Hal ini dikarenakan Verdu sebelumnya telah memiliki pengalaman sebagai vice president Facebook yang bertanggung jawab pada pengembangan game dan konten di Oculus virtual-reality headsets.

Baca juga Pengguna Netflix Bakal Sulit Bagikan Password Mereka ke Orang Lain

Selain itu, dikutip dari Bloomberg.com, Netflix tidak memiliki rencana untuk menambahkan biaya tambahan untuk konten game tersebut, menurut sumber seseorang yang tidak ingin disebutkan namanya. Padahal, banyak perusahaan teknologi besar yang menjual opsi game selain layanan video online mereka.

Apple Inc. adalah salah satu contohnya. Mereka memiliki platform game khusus bernama Arcade dan layanan TV+ untuk video atau film. Akan tetapi, para pelanggannya harus membayar lebih untuk bisa bermain game pada platform tersebut.

Keputusan Netflix untuk mengembangkan game pada layanan mereka juga merupakan langkah yang cukup berisiko. Sudah banyak perusahaan Hollywood yang memiliki sejarah kurang baik ketika mereka ingin membuat film mereka menjadi game.

Baca juga You and I: Film Dokumenter Terbaik Indonesia di Asia

Disney yang perusahaan hiburan terbesar di dunia pun menutup sebagian besar operasi game internalnya setelah bertahun-tahun gagal. Meski begitu, terdapat juga perusahaan yang justru mendapatkan keuntungan besar dalam dunia game, salah satu contohnya adalah Warner Bros yang telah menciptakan beberapa judul menarik selama bertahun-tahun.

Dengan konten original yang sudah diciptakan oleh Netflix, mereka pun juga memiliki potensi untuk membuat original series atau film mereka menjadi sebuah game. Terlebih dengan kesuksesan beberapa K-Drama mereka yang berhasil menjadi hits di sebagian negara, khususnya di wilayah Asia.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Netflix Plans to Offer Video Games in Push Beyond Films, TV

Related Articles