Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Obati Kangen Liburan Kamu dengan ‘Virtual Indonesia’

Indiekraf.com – Pandemi yang tak kunjung usai membuat kita sulit untuk pergi berlibur. Namun berita baiknya, kini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah bekerjasama dengan Traval.co. Kerjasama tersebut juga melibatkan beberapa pelaku industri pariwisata Indonesia lainnya untuk mewujudkan ‘Virtual Indonesia’.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani menjelaskan perihal ini.  “Kita masih pada era menggunakan media digital untuk kegiatan-kegiatan promosi atau memperkenalkan destinasi atau aktivitas pariwisata,” ucapnya. Pernyataan tersebut ia paparkan pada konferensi pers secara virtual di Virtual Indonesia pada Kamis (5/11) lalu. Rizki menjelaskan bahwa menurutnya, Virtual Indonesia bisa menjadi peluang untuk memperkenalkan berbagai destinasi wisata Tanah Air ke masyarakat luas. Selain itu, dalam kesempatan ini mereka mengajak para masyarakat yang sudah rindu untuk berlibur dengan menikmati Virtual Indonesia.

Menyatakan hal serupa, CEO Traval.co, Julius Bramanto, mengatakan bahwa acara yang serupa dengan jalan-jalan virtual ini akan menampilkan sudut pandang yang baru bagi masyarakat. “Acara virtual ini akan menampilkan sudut pandang wisata yang lebih bertanggung jawab,” ucap Julius. Melalui acara ini, pihaknya bermaksud untuk mengajak seluruh pihak untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan pariwisata Tanah Air yang lebih bertanggung jawab. “Supaya memberi dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat, budaya, dan alam,” tambah nya.

Obati Kangen Liburan Kamu dengan ‘Virtual Indonesia’

Ia juga menjelaskan bahwa dirinya memiliki pengalaman sendiri, saat mempertimbangkan pemilihan destinasi wisata yang akan dijelajahi masyarakat secara virtual, ia berusaha menonjolkan sisi cerita yang paling menarik untuk disampaikan pada khalayak. Contohnya adalah Gorontalo, dimana ia menonjolkan destinasi wisata tersebut lantaran cerita tentang ikan hiu paus yang ada di perairannya. Hal ini dirasa unik dan patut ditonjolkan.

Selama berlangsungnya jalan-jalan virtual melihat ikan hiu paus, masyarakat akan didampingi oleh pemandu dari Wisata Hiu Paus Botubarani. “Kami wisata minat khusus. Hanya orang-orang tertentu yang berminat khusus yang mau berwisata dengan ikan hiu paus,” ucap Sukirman Tilahunga, salah satu perwakilan Wisata Hiu Paus Botubarani.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button