Acara KreatifDesain ProdukDigital KreatifFesyenIndustri KreatifKabar KreatifKriyaKulinerPelaku KreatifSeni Rupa

Pameran UMKM dengan Konsep Hybrid, Kepoin Yuk!

Indiekraf.com – Kamis (10/12) lalu, Presiden RI Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi secara resmi membuka acara puncak dari BRI UMKM Expo(RT) BRILIANPRENEUR 2020. Presiden Jokowi sempat menuturkan beberapa hal dalam pembukaan acara tersebut. Yang menjadi perhatian, Bapak Nomor 1 di Indonesia ini mengekspos masalah inovasi di UMKM Tanah Air.

Presiden Jokowi tak henti mengingatkan pada para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dalam berbagai aspek. Hal ini juga termasuk dengan adanya adaptasi baru ke dunia digital. Bukan tanpa sebab, adaptasi ini dirasa bisa mempertahankan bisnis UMKM dalam masa pandemi seperti sekarang. “Selain melakukan adaptasi di dunia digital, UMKM juga harus terintegrasi dengan marketplace lokal dan global. Jika sekarang UMKM terlibat, akhir tahun ini mampu meningkatkan transaksi ekspor UMKM,” jelas Presiden Jokowi.

Pemerintah sendiri sudah cukup mendukung agar UMKM bisa bertahan di masa sulit seperti sekarang. Ini dibuktikan dengan upaya pemerintah untuk mendorong industri UMKM untuk bisa mulai meningkatkan kuantitas ekspor di masa pandemi. Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui adanya acara BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 ini. Kegiatan ini digelar di tanggal 1 sampai 15 Desember 2020 mendatang. Presiden Jokowi menambahkan agar para UMKM bisa menampilkan produk dengan tampilan dan cara yang menarik serta inovatif. Pameran ini dirasa bisa menjadi ajang yang tepat untuk memamerkan produk dari berbagai UMKM di Indonesia. 

Baca Juga Yuk Amati 7 Cara Sederhana Namun Sukses Berjualan Online

Acara ini juga cukup unik karena mengusung konsep 3D virtual yang menampilkan instalasi seni yang cantik. Pengunjung yang datang bisa merasakan sensasi seperti berada di ruang pameran yang sebenarnya. Konsep ini juga dikenal sebagai konsep hybrid. Dalam pameran ini, pengunjung juga bisa melihat showcase dari UMKM serta Art Installation yang dirancang sama persis antara visual dengan aslinya. Tak sendiri, BRI juga bekerja sama dengan lima marketplace terbesar di Tanah Air. Kerjasama ini memungkinkan pengunjung untuk bisa berbelanja produk UMKM terkait secara daring. 

BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 sendiri ini diikuti oleh setidaknya 573 pelaku UMKM binaan BRI, dimana 400 diantaranya mengikuti showcase secara fisik di Jakarta. Pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini meliputi Fashion, Accessories & Beauty, Home Decor & Craft, dan Food & Beverage.

Related Articles