Industri KreatifKabar KreatifWisata Kreatif

Pedesaan Akan Jadi Fokus Pemerintah Untuk Kembangkan Pariwisata

Indiekraf.com – Pemerintah telah melihat potensi baru pariwisata yang ada di wilayah pedesaan Indonesia. Hal ini disampaikan melalui modul Rencana Strategis tahun 2020 – 2024 yang diterbitkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam modul tersebut disebutkan bahwa perlu adanya perhatian serius untuk mengembankan potensi desa wisata tersebut.

Masyarakat Indonesia telah dikenal dunia sebagai masyarakat yang ramah. Karakter tersebut bisa menjadi modal penting untuk mengembangkan sektor pariwisata kedepanya. Mengingat esensi pariwisata adalah hubungan interaksi antara wisatawan sebagai tamu (guest) dengan masyarakat atau penduduk setempat sebagai tuan rumah (host).

Baca juga Simak Upaya Pemerintah Pulihkan 5 Destinasi Super Prioritas Pasca Pandemi Covid-19

Penduduk di wilayah pedesaan memiliki karakter kehidupan dan budaya yang khas. Menurut data BPS tahun 2019, terdapat kurang lebih 83.931 desa yang terletak di lembah, lereng, dan hamparan. Hal tersebut bisa menjadi potensi untuk meningkatkan diversifikasi daya tarik pariwisata Indonesia.

Potensi pariwisata yang sebagian besar terdapat di daerah pedesaan harus dikelola secara maksimal. Perlu dilakukan pendekatan pembangunan kepariwisataan secara terpadu dan berkelanjutan. Pariwisata di pedesaan akan mampu memberikan banyak nilai tambah seperti dalam aspek ekologis, edukatif, dan aspek sosial budaya. Selain itu, potensi baru kepariwisataan ini juga bisa memberikan aspek ekonomis yang bermanfaat bagi kesejahteraan bangsa, khusunya masyarakat pedesaan.

Baca juga Wajib Catat! Ini Dia Hal Penting Yang Kalian Harus Tahu Sebelum Berwisata Ke Candi Borobudur

Pengembangan wisata berbasis pedesaan akan menggerakkan aktivitas ekonomi pariwisata yang ada di pedesaan. Hal ini diharapkan mampu mengurangi jumlah angka kemiskinan yang ada di Indonesia. Jika dikelola dengan tepat, maka akan tercipta desa wisata dengan puluhan ribu budaya baru yang bisa ditawarkan ke para wisatawan.

Data dari BPS mencatat bahwa pada tahun 2018 Indonesia telah memiliki 1.734 desa wisata yang bisa dikunjungi. Dari banyaknya desa wisata tersebut, telah terdapat contoh desa yang sukses menjadi desa wisata ternama di Indonesia. Adapun contoh desa wisata yang berhasil seperti Desa Pujon Kidul di Malang, Desa Taman Sari di Banyuwangi, Desa Madobak di Mentawai, Desa Waturaka di Ende, dan masih banyak lagi.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button