Industri KreatifKreatif TourismTips KreatifWisata Kreatif

Pengembangan Wisata Sumatera Barat Saat Ini, Seperti Apa?

Indiekraf.com – Di masa pandemi seperti sekarang, bidang pariwisata memang sedang lesu-lesunya. Akan tetapi, waktu ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air untuk bersiap menghadapi kembalinya turis. Hal ini juga menjadi pembahasan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat ini, terutama di kawasan wisata Sumatera Barat.

Pengembangan Wisata Sumatra Barat di Masa Kini, Seperti Apa?
Sumber : kemenparekraf.go.id

Pengembangan Wisata Sumatera Barat di Masa Kini

Pada Selasa (13/4) lalu, berlangsung audiensi dengan 11 bupati beserta Wali Kota Sumatera Barat dan Anggota Komisi VI DPR RI. Audiensi tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Acara ini berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

Sandiaga menjelaskan pendapatnya terkait potensi wisata Sumatera Barat saat ini. Ia menjelaskan bahwa potensi ini bisa datang dari bidang budaya dan alam serta kuliner. “Saya pikir pengembangan pariwisata di Sumatera Barat berbasis nature and culture ini sudah tepat,” kata Sandiaga.

Dorongan Menparekraf untuk ‘Pengemasan’ Potensi yang Lebih Berkualitas

Menparekraf juga mendorong adanya pengemasan potensi wisata Sumatera Barat yang sudah ada agar lebih berkualitas. “Jadi kita punya kekayaan sumber daya alam dan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif tapi bagaimana kita meningkatkan nilai tambahnya,” katanya. Beberapa upaya yang bisa dilakukan juga harus diselaraskan dengan pengembangan desa wisata di provinsi tersebut.

Sebagai contoh, ia menjelaskan terkait pengembangan ‘Desa Wisata Berkelanjutan’ di Kota Padang panjang. Program ini diharapkan juga bisa diikuti oleh desa-desa lainnya. Menurut Menparekraf, desa wisata bisa menjadi peluang dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk meraih kembali perhatian masyarakat usai pandemi.

Pentingnya Digitalisasi oleh Para Pelaku Parekraf di Sumatera Barat

Saat ini, Sandiaga menekankan bahwa pandemi akan mengubah banyak hal di sektor parekraf. “Pandemi ini akan mengubah peta sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya juga akan menyempatkan diri berkunjung ke Sumatera Barat,” ujar Sandiaga. Selain itu, ia juga menjelaskan pentingnya digitalisasi di era sekarang.

Digitalisasi di bidang parekraf dinilai penting untuk meningkatkan kualitas sektor parekraf di area wisata Sumatera Barat. “Ini juga masuk ke dalam pengembangan desa wisata dan juga ekonomi kreatif kedepannya. Saya yakin, dengan kita bergandengan tangan, kita bisa kembali bangkit,” lanjutnya.

Related Articles