Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifOpini Kreatif

Pengguna Android Harus Berhati-Hati Jika Menggunakan Aplikasi APKPure, Ini Alasanya

Indiekraf.com – Apakah kamu seorang pengguna smartphone Android dan suka mengunduh aplikasi dari APKPure? Jika iya, maka mulai sekarang kamu perlu berhati-hati. Beberapa waktu yang lalu, terungkap bahwa situs tersebut telah terinfeksi oleh malware.

APKPure adalah salah satu tempat bagi pengguna smartphone Android untuk mengunduh aplikasi selain dari Play Store. Aplikasi tersebut bahkan telah menjadi tempat mengunduh aplikasi kedua terbesar setelah Google Play Store.

Aplikasi APKPure terinfeksi malware (Gambar via Facebook APKPure)
Aplikasi APKPure terinfeksi malware (Gambar via Facebook APKPure)

Pada versi APKPure 3.17.18 dikabarkan telah terinfeksi malware Trojan-Dropper yang berbahaya. Malware ini dapat mengelabui pengguna agar mereka mengunduh dan menginstal aplikasi berbahaya. Tak hanya itu, malware ini bahkan mampu menghapus aplikasi dengan bebas.

Baca juga Hacker Ini Mencoba Meracuni Satu Negara Setelah Mencoba Meretas Pabrik Pengelola Air

Peneliti dari Doctor Web dan Kaspersky menyatakan bahwa malware ini mengakses beberapa hal tanpa seizin pengguna. ”Trojan ini milik Android yang berbahaya. Keluarga malware Triada mampu mengunduh, menginstal dan menghapus perangkat lunak tanpa seizin pengguna,” ujar peneliti Doctor Web (Dikutip dari CNNIndonesia.com).

Pihak Kaspersky menambahkan bahwa komponen tersebut bahkan dapat menambah malware lain. “Komponen ini dapat melakukan beberapa hal seperti menampilkan iklan di layar kunci, membuka tab browser, mengumpulkan informasi tentang perangkat dan yang paling tidak menyenangkan adalah mengunduh malware lain,” ujar Igor Golovin dari Kaspersky.

Baca juga Ini Cara Menjadi Hacker Legal Dengan Bayaran Miliaran Rupiah

Melihat adanya masalah pada aplikasinya, pihak APKPure kemudian mengambil tindakan. Kini mereka telah merilis versi terbaru yaitu 3.17.19. Melalui update ini, mereka telah memperbaiki masalah keamanan dan menjamin aplikasi tersebut lebih aman untuk digunakan.

Namun, meski begitu, kita masih harus berhati-hati jika ingin mengunduh aplikasi melalui aplikasi non-resmi. Sehingga, sebagai langkah keamanan, usahakan untuk tetap mengunduh aplikasi melalui toko resmi seperti Google Play Store. Jika memang aplikasi yang kamu inginkan masih belum tersedia di Google Play Store, mungkin langkah baiknya adalah kamu menuggu agar aplikasi yang kamu inginkan tersebut dirilis resmi di toko resmi milik Google tersebut.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Malware Aplikasi APKPure, Incar Smartphone Android

Related Articles