Acara KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifKota KreatifKreatif TourismSeni PertunjukanSeni RupaWisata Kreatif

Persatuan Dukun Nusantara Banyuwangi Kenalkan Sektor Pariwisata Melalui Festival Santet

Indiekraf.com – Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak merugikan yang besar pada sektor pariwisata di Indonesia. Namun, dengan adanya program vaksinasi, beberapa kota mulai mencoba untuk membangkitkan kembali sektor pariwisatanya. Salah satunya adalah yang telah dilakukan oleh Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) di Banyuwangi yang akan segera menggelar Festival Santet.

Salah satu komunitas ternama di Banyuwangi tersebut telah memiliki sebuah program kerja untuk membantu meningkatkan sektor pariwisata disana. Salah satu caranya adalah dengan menggelar Festival Santet. Tujuan dari festival ini adalah untuk mengenalkan destinasi mistis di daerah yang dijuluki dengan The Sunrise of Java tersebut.

Baca juga Nasib Festival Film dan Tantangan Semasa Pandemi COVID-19

Dikutip dari detik.com, Pada hari Rabu (03/02) kemarin, Pernudu telah melakukan deklarasi yang dilaksanakan di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Dalam acara tersebut, mereka mengaku telah memiliki program kerja yang dapat membantu meningkatkan sektor pariwisata. “Program kerja kita paling dekat adalah doa bersama dan kegiatan pengobatan gratis,” ujar Ketua Umum Perdunu, Gus Abdul Fatah Hasan.

Salah satu program yang dimiliki oleh Pernudu adalah doa bersama yang bertujuan untuk memohon perlindungan agar Banyuwangi terhindar dari bahaya. Khususnya pada erupsi Gunung Raung yang sedang terjadi saat ini.

Selain itu, terdapat juga program pengobatan gratis. Dalam hal ini, masyarakat dapat melakukan pengobatan untuk disembuhkan dari berbagai macam penyakit. Kedua progam tersebut direncanakan akan segera digelar pada akhir bulan Februari. ”Semoga bisa terlaksana dengan baik,” tambah Gus Abdul Fatah.

Baca juga Kampung Dolanan Panawijen Malang Gelar Festival Untuk Melestarikan Permainan Tradisional

Selain dua program itu, pada Bulan Suro atau Muharam nanti, Pernudu akan menggelar Festival Santet. Dalam festival tersebut akan dilakukan beberapa kegiatan, salah satunya adalah dengan menjelaskan tentang ilmu-ilmu spiritual. Kegiatan yang lebih seru lagi adalah pada festival ini, masyarakat akan diajak untuk melakukan destinasi mistis ke Alaspurwo, Rowo Bayu dan Antaboga di Kecamatan Glenmore.

“Kita akan menggelar Festival Santet. Banyak macam yang akan kita gelar di festival itu. Nanti bagaimana pengenalan orang terkena santet atau sihir. Dan juga kita kenalkan destinasi mistis di Banyuwangi. Ada 3 kalau ndak salah tadi usulannya. Alaspurwo, Rowo Bayu dan Antaboga,” jelas Gus Abdul Fatah.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Dukun Banyuwangi Bakal Gelar Festival Santet dan Kenalkan Destinasi Mistis

Related Articles