Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar Kreatif

Platform Lokal Vidio Kalahkan Netflix di Kuartal Pertama 2020

Indiekraf.com – Vidio, platform streaming video online dari Indonesia telah mengalahkan kepopuleran Netlfix di kuartal pertama 2020. Hal ini tentu menjadi suatu kebanggaan untuk membuktikan bahwa platform Indonesia bisa bersaing dengan perusahaan “raksasa” seperti Netflix.

Vidio adalah platform streaming video yang didirikan pada Oktober 2014. Pada awalnya, platform ini dimiliki oleh PT Kreatif Media Karya pada tahun 2014 hingga 2019. Namun saat ini, platform tersebut telah dimiliki oleh PT Surya Citra Media Tbk. Konten yang disediakan oleh vidio meliputi sajian kanal gratis (free-to-air), siaran langsung (live streaming), film, drama, dan televisi.

Baca juga Bioskop Masih Tutup, Netflix Raih 16 Juta Pelanggan Baru

Seperti yang kita ketahui, Netflix adalah salah satu platform streaming video online terbesar yang ada di dunia. Meski pernah diblokir oleh pihak Telkom, Netflix ternyata masih bisa menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk streaming film atau video online lainya. Saat ini, Telkom telah membuka pemblokiran yang dilakukan kepada Netflix. Hal ini membuat mereka semakin bersemangat untuk mempormosikan produknya di pasar Asia Tenggara khususnya di Indonesia.

Namun siapa sangka, ternyata pembukaan pemblokiran Telkom terhadap Netflix masih belum bisa menyaingi platform streaming video asal Indonesia yakni Vidio. Menurut data dari Media Partners Asia yang dikutip dari artikel bloomberg.com terlihat bahwa Vidio menjadi platform kedua paling banyak ditonton di Indonesia. Sedangkan Netflix berada di posisi ketiga dengan selisih “sedikit” dari Vidio di kuartal pertama 2020 ini.

Data dari Media Partners Asia (dikutip dari Bloomberg.com)
Data dari Media Partners Asia (dikutip dari Bloomberg.com)

Meski begitu, jika dilihat dari tabel diatas, Netflix dan Vidio masih jauh tertinggal dari pesaingnya yakni Viu yang menjadi nomor 1 pilihan streaming di Indonesia.

Baca juga 10 Film Original Netflix Terbaik Sepanjang Masa

Salah satu alasan Viu bisa menjadi nomor satu di Indonesia adalah karena strategi mereka yang terus mempopulerkan konten dari Korea Selatan. Paket subscription mereka terus tumbuh dari 50% ke 60% dalam satu tahun. Dikutip dari bloomberg.com, Janice Lee, Kepala Eksekutif Viu mengatan bahwa orang Indonesia lebih banyak menonton Viu dari pada Netflix atau IFlix. Salah satu caranya original series yang bisa mengangkat VIu di Indonesia adalah My Bubble Tea, Drama Thailand, dan Series Pretty Little Liars dari Indonesia.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi
[1] The Next Streaming Showdown Is a Race for Eyeballs in Southeast Asia

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button