Desain ProdukIndustri KreatifKabar KreatifKuliner

Ridwan Kamil Bangga Starbucks di Korea Selatan Jual Kopi Asli Jawa Barat

Indiekraf.com – Kabar gembira datang dari dunia kuliner Indonesia. Saat ini, produk kopi Jawa Barat telah resmi dijual di Korea Selatan. Kabar ini langsung diumumkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun media sosialnya.

Melalui akun Twitter pribadinya @ridwankamil, Gubernur yang biasa disapa dengan sebutan Kang Emil tersebut mengabarkan bahwa Kopi Jawa Barat sekarang bisa ditemui di Seoul, Korea Selatan. “Annyeonghaseyo, mulai skrg kopi Jawa Barat ekspansi ke Korsel. Hadir resmi kopi Jabar di gerai Starbucks Seoul,” tulisnya.

Baca juga Permen Kopiko ‘Debut’ di Drama Korea Netflix Vincenzo, Akankah Harganya Naik?

Ridwan Kamil juga mengucapkan terima kasih atas usaha yang telah dilakukan oleh pihak Kedubes Republik Indonesia di Seoul. “Terima kasih utk tim Kedubes RI di Seoul yg membantu urusan ini. Insya Allah suatu hari kopi2 Jabar ada di seluruh kafe di kota-kota sedunia. Aamiin,” ujarnya.

Hal ini menambah daftar kepopuleran kopi asal Jawa Barat yang terus mencoba untuk mendunia. Sebelumnya, kopi Jawa Barat juga sempat menembus pasar Australia. Bahkan, disana telah dibuka kedai kopi Jawa Barat beranama Jabarano Coffee. Kafe yang bertempat di Melbourne, Australia tersebut juga dibuka langsung oleh Ridwan Kamil pada tanggal 24 Februari 2020.

Baca juga Starbucks Plant Based Menu Sudah Tersedia! Seperti Apa ya?

Ridwan Kamil adalah salah satu Gubernur di Indonesia yang aktif untuk mempromosikan produk-produk hasil produksi UMKM. Strategi promosi kopi Jawa Barat untuk memasuki pasar Korea Selatan adalah langkah yang tepat untuk dilakukan saat ini. Kepopuleran budaya K-Pop dan K-Drama yang terus meningkat di Indonesia dapat membantu produk-produk lokal menjadi lebih populer di tingkat internasional.

Sebelumnya, produk Kopiko juga sempat mempromosikan di pasar Korea Selatan. PT Mayora Indah Tbk sebagai produsen Kopiko telah mengambil langkah untuk menjadi sponsor di K-Drama Vincenzo, salah satu drama baru Netflix yang dibintangi artis Korea Selatan papan atas seperti Song Joon Ki.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Ridwan Kamil Bangga Kopi Jawa Barat Dijual di Starbucks Korea Selatan

Related Articles