Acara KreatifAplikasi Digital dan GameArsitekturIndustri KreatifInsightKabar KreatifPelaku Kreatif

Ridwan Kamil Masuk Daftar 50 Orang Paling Berpengaruh di Dunia

Indiekraf.com – Salah satu politikus sekaligus seorang arsitek, Ridwan Kamil kembali membanggakan nama Indonesia di kanca Internasional. Pria yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat tersebut berhasil masuk dalam daftar “The World’s 50 Most Influential People Revolutionizing Government”. Ini merupakan salah satu penghargaan bergengsi di dunia.

“The World’s 50 Most Influential People Revolutionizing Government” merupakan sebuah daftar yang berupaya untuk memuji dan memberikan penghargaan kepada para politisi, pegawai negeri dan pengusaha yang mendorong kemajuan dalam sistem pemerintahan di seluruh dunia. Penghargaan ini menyoroti sosok para ‘pahlawan’ tanpa tanda jasa yang pekerjaannya sangat diperlukan dalam mengubah sistem pemerintah untuk menanggapi perubahan teknologi yang sangat cepat.

Baca juga Kota Bandung Berhasil Menjadi Kota Paling Inovatif di Tahun 2020

Semua tokoh yang masuk dalam daftar tersebut memiliki kreatifitas dan kepemimpinan yang handal dalam menangani perkembangan dunia teknologi seperti yang sudah dilakukan oleh Ridwan Kamil. Ia berhasil membuat terobosan inovasi yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk membantu menangani salah satu masalah terbesar di dunia yaitu pandemi covid-19. Berkat kontribusinya, Kang Emil berhasil masuk dalam kategori Technologist dalam penghargaan tersebut.

“Teknologi memang selalu menjadi passion utama saya & andalan saya untuk melompatkan peradaban pembangunan kita dan mengunci praktek-praktek negatif dalam birokrasi. Melaui cetak biru West Java Digital Province. Desa Digital dan Petani Milenial 4.0 adalah salah satu terjemahannya,” tulis Ridwan Kamil melalui akun Twitter pribadinya @ridwankamil.

Dalam akun Twitternya, Ia mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menggunakan inovasi teknologi dalam hal kebaikan dan perkembangan zaman. “Award ini diselenggarakan oleh Apolitical.Co , government thinktank magazine berbasis di London Inggris. Mari selalu gunakan inovasi dan teknologi untuk menbarkan kebaikan dan mengangkat derajat peradaban kita ke arah yg lebih cepat lebih tinggi dan lebih maju & kuat,” tulisnya.

Baca juga 5 Pelaku Industri Kreatif Asli Indonesia yang Sukses di Amerika Serikat

Dalam kategori Technologists, Ridwan Kamil ditemani oleh 6 sosok inspiratif lainya. Antara lain adalah Luis Felipe Monteiro (Secretary for Digital Government, Ministry of Economy, Brazil), Marten Kaevats (Digital Affairs Adviser to the Government Office of Estonia and Member of the Digital Health Technical Advisory Group, World Health Organization), Andrej Safundzic
(Founder, Tech4Germany), Hidenobu Kubota (Director, Type Approval and Recall Division, Road Transport Bureau, the Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism, Japan), Victor Manuel Muñoz Rodriguez (Advisor of Economic Affairs and Digital Transformation, Presidency of Colombia), Nadia Webster (Innovation Lead, Smart Council at Wellington City Council, New Zealand), dan Polly Hall (Director, Department of Homeland Security (DHS) Procurement Innovation Lab, USA).

Setelah berhasil mendapatkan penghargaan tersebut, tidak lupa Ridwan Kamil untuk mengajak generasi muda agar terus berinovasi kedepanya. “Citius altius fortius. Semoga kamu-kamu generasi milenial dan generasi Z agar selalu bersemangat ya, menyempurnakan rumah Indonesia dengan inovasi dan teknologi. Aamiiin,” tulisnya.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button