Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDesain Komunikasi VisualDigital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar KreatifPelaku KreatifSeni Pertunjukan

Roro Jonggrang Kembali ‘Hidup’ Lewat Format Digital Art

Indiekraf.com – HP Inc sebagai perusahaan teknologi membuat terobosan unik di bidangnya. Mereka bekerja sama dengan para kreator untuk membuat sebuah proyek. Dalam bentuk cerita rakyat, proyek ini mereka buat untuk membangkitkan cerita tersebut dalam bentuk format digital art. Cerita yang mereka angkat adalah Roro Jonggrang. Bagaimana caranya, ya?

Roro Jonggrang Kembali 'Hidup' Lewat Format Digital Art
Sumber : Instagram @hpindonesia

Roro Jonggrang Kembali ‘Hidup’ Lewat Format Digital Art

Menggandeng kreator lainnya, HP Inc sebagai perusahaan teknologi berupaya untuk membangkitkan kembali cerita rakyat dengan ‘kemasan’ berbeda. Hal ini dilakukan dalam gelaran HP Mentorship Project musim ketiga bersama dengan Intel. Adanya gelaran ini juga dilakukan untuk para kreator mengekspresikan diri ke sesuatu yang lebih bermakna.

Fiona Lee selaku Managing Director HP Indonesia memberikan pernyataannya terkait event ini. “Karena waktu yang dihabiskan di rumah lebih banyak dari sebelumnya, banyak orang beralih ke kreativitas untuk mengekspresikan diri, sehingga memberikan makna yang lebih dalam pada kreasi mereka. Kami di HP percaya bahwa semua orang adalah kreator, dan kami juga memiliki passion dan energi untuk kreativitas yang kian berkembang di Indonesia,” jelasnya.

Menjadi Wadah untuk Membangkitkan Dunia Digital Art dengan Para Kreator

Pada musim atau periode ketiga ini, HP ingin mencoba memperluas program mereka ke bidang digital art. Upaya yang mereka lakukan adalah mengajak kreator di seluruh Tanah Air untuk mengirimkan portofolio mereka. Setelahnya, para kreator terpilih akan mendapat pembelajaran langsung dari mentor Yudhistira Israel (VNGNC) dan Isha Hening. Mereka adalah para seniman digital terkemuka.

“HP Mentorship Project diharapkan dapat mendukung dan memfasilitasi para kreator, seiring mereka tumbuh dalam perjalanan kreatifnya melalui berbagai cara baru di masa ini,” terang Fiona.

Roro Jonggrang Sebagai Cerita yang Terpilih untuk ‘Digarap’

Mentor-mentor telah memilih 10 kreator dengan berbagai latar belakang yang dimiliki. Para kreator terpilih ini berkolaborasi dengan mentor dan melakukan segala kolaborasi secara virtual. Mereka memanfaatkan HP Creator Series untuk mengisahkan kembali cerita Roro Jonggrang. 

Seperti diketahui, Roro Jonggrang sendiri mengisahkan tentang cinta serta pengkhianatan dari seorang pangeran dan putri yang dikutuk. Cerita ini dikemas dalam bentuk digital art yang diproyeksikan di Gunung Pancar, Jawa Barat.

Baca Juga Rendang of Death: Kuliner Indonesia Muncul di SXSW Festival

Related Articles