Desain InteriorIndustri KreatifKabar KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Royal Safari Garden Raih Sertifikat CHSE dari Kemenparekraf

Indiekraf.com – Di masa pandemi seperti sekarang, kebersihan dan kesehatan merupakan isu utama yang sering dibahas masyarakat. Hal ini juga perlu diterapkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Guna meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk tetap berkunjung ke area wisata, Royal Safari Garden berhasil meraih sertifikat CHSE. Sertifikat tersebut didapatkan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf).

Royal Safari Garden Raih Sertifikat CHSE dari Kemenparekraf
Sumber : news.tamansafari.com

Royal Safari Garden Meraih Sertifikat CHSE

Royal Safari Garden tentu patut merasa bangga atas keberhasilannya dalam mendapatkan sertifikat CHSE di masa pandemi. Sertifikat Clean, Healthy, Safety, Environment (CHSE) ini diberikan langsung oleh Kemenparekraf dengan adanya penilaian audit. Dengan adanya pencapaian ini, tentu kenyamanan serta kepercayaan masyarakat terhadap area wisata tersebut semakin meningkat.

“Setelah beberapa waktu lalu mendapatkan Covid-19 Secure Certificate, Royal Safari Garden kembali meraih sertifikasi CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ini membuktikan bahwa kami benar-benar serius dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 demi keamanan dan kenyamanan para tamu. Bagi kami, prioritas utama adalah pencegahan penyebaran Covid-19 terutama di lingkungan Royal Safari Garden,” jelas Lies Yuwati selaku General Manager Royal Safari Garden.

Proses Audit oleh Sucofindo Sebagai Perwakilan Kemenparekraf

Uji kompetensi tersebut dilangsungkan pada tanggal 24 November 2020 lalu. Proses penilaian ini dilakukan langsung oleh pihak Sucofindo. Pihak Sucofindo bertindak sebagai perwakilan tim audit dari Kemenparekraf. Dalam prosesnya ada pula masing-masing Head Office Department Royal Safari Garden dan Tim Satuan Pengawas (Satgas) COVID-19.

Setelah penilaian, Royal Safari Garden didapati sudah memenuhi setiap indikator yang ada pada poin penilaian CHSE. Tak hanya itu, mereka juga mendapat rekomendasi kategori ‘Memuaskan’. Sebagai syarat penilaian, terdapat setidaknya 81 daftar syarat standar sanitasi dan hygiene dari Kemenparekraf. Adanya syarat ini tentu perlu dipenuhi untuk keperluan sertifikasi. Beberapa poin tersebut meliputi, pengelolaan sanitasi pangan, penanganan keselamatan dan keamanan, serta himbauan pencegahan COVID-19.

Penerapan Protokol Kesehatan yang Ketag Sejak Maret 2020

Dikutip dari laman resminya, Royal Safari Garden sudah menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sejak Maret 2020. Adanya protokol kesehatan yang diterapkan ini juga diberlakukan kepada tamu dan para pekerja. Untuk para tamu pun dihimbau untuk setia mengikuti protokol kesehatan yang ada mulai dari proses masuk (check-in) sampai keluar hotel (check-out). 

Baca Juga Bali Zoo Sempat Lesu, Kini Kembali Aktif Bun!

Related Articles