Kreatif TourismWisata Kreatif

Rumah Atsiri: Destinasi Wisata ‘Wellness’ di Tanah Air

Indiekraf.com – Lokasi wisata di Indonesia memang beragam. Beberapa masyarakat ternyata tak hanya gemar mendatangi wisata alam aja lho. Ternyata, ada salah satu destinasi wisata yang erat kaitannya dengan ‘wellness’ nih. Lokasi wisata tersebut tak lain adalah Rumah Atsiri. Destinasi yang terletak di Tawangmangu ini ternyata mulai dikenal juga di media sosial karena kecantikannya dan berbagai manfaat yang dimilikinya lho. Penasaran, kan?

Rumah Atsiri: Salah Satu Destinasi Wisata ‘Wellness’ Tanah Air

Kalau kamu ingin mengunjungi lokasi wisata dengan nuansa tenang dan erat kaitannya dengan ‘wellness’, tempat ini akan cocok banget nih. Yap, tempat itu tak lain adalah Rumah Atsiri! Tempat wisata ini ternyata dikenal sebagai tempat wisata wellness. Bukan tanpa sebab, di dalamnya ada berbagai pengolahan tanaman aromatik yang dibuat menjadi minyak atsiri. Lokasi ini juga ternyata menawarkan fasilitas lain seperti butik, laboratorium, rumah produksi, toko, museum, hingga pusat pelatihan. 

Beberapa waktu lalu, Angela sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) sempat mampir ke lokasi wisata ini. Dirinya pun merasa fasilitas serta atraksi yang ada di Rumah Atsiri sangat menarik serta ramah bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Hal ini karena mereka menyediakan laboratorium sains yang lengkap sehingga cocok untuk program pengenalan ke anak-anak sekolah. 

Mengenalkan Sejarah Minyak Atsiri di Seluruh Dunia

“Di Rumah Atsiri lengkap sekali ya, atraksi yang dihadirkan untuk wisatawan juga beragam. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa menikmati atraksi dan fasilitas di Rumah Atsiri, seperti membuat sabun, slime, dengan aroma yang bisa mereka pilih sendiri,” ujar Angela. Ia juga kagum terhadap adanya museum minyak atsiri yang menampilkan sejarah minyak atsiri dari zaman ke zaman. 

Museum tersebut juga bisa mengedukasi pengunjung terkait penemuan minyak atsiri serta sejarah penyebarannya. “Museum ini juga memamerkan peralatan dan perlengkapan asli untuk membuat minyak atsiri. Penyampaian informasi sejarahnya juga dengan cara yang menarik,” tambah Angela. Ia berharap Rumah Atsiri bisa terus berkembang agar menjadi contoh untuk destinasi wisata wellness.

Baca Juga Kota Tua hingga Sunda Kelapa Siap Jadi Destinasi Wisata Dunia?

Related Articles