Acara KreatifDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKriya

Rumah BUMN, Tempat Kumpulnya UMKM Muda Indonesia Zaman Now

Indiekraf.com – Tahukah kamu mengenai Rumah BUMN? Dahulu, program tersebut bernama Rumah Kreatif BUMN dan kini telah melakukan rebranding dan berganti nama menjadi Rumah BUMN. Namun, tujuan program ini masih sama seperti sebelumnya yaitu untuk mengoptimalkan peran dari BUMN untuk Tanah Air. 

Tak hanya memaksimalkan fungsi BUMN, program ini memiliki tujuan untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu, Rumah BUMN memiliki fungsi sebagai Penyaluran Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), Satuan Tanggap bencana, sebagai pusat kegiatan Milenial BUMN serta mengelola Coworking Space dan Kedai Kopi. Maka dari itu, mengingat targetnya yaitu para millennials, Rumah BUMN BNI mengusung kerjasama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dengan Ayo Naik Kelas. 

Kerjasama tersebut terwujud dalam program UMKM MUDA Virtual Week. Acara ini telah diselenggarakan mulai tanggal 15 sampai dengan 21 September 2020. UMKM MUDA Virtual Week menjadi rangkaian kegiatan virtual dari Rumah BUMN BNI dengan Ayo Naik Kelas yang terfokus untuk mengangkat semangat entrepreneurship. Hal itu juga terkhusus untuk para milenial di Tanah Air agar mereka tetap optimis untuk terus berkembang meskipun sedang dalam diterpa pandemi seperti saat ini.

Baca Juga Hitara Black Garlic, UMKM Indonesia yang Ubah Strategi Karena Pandemi

Meiliana sebagai Corporate Secretary BNI memberikan keterangan terkait dengan program ini. Di dalam acara ini terdapat empat rangkaian yaitu UMKM Muda Talk, Charity Webinar, Virtual Pop Up Market dan Virtual Tour. Seluruh rangkaian acara pun diadakan secara daring melalui Instagram @ayo.naik.kelas dan @rumahbumn.bni. Tak hanya itu, acara ini pun bisa dinikmati lewat Facebook dan kanal YouTube Rumah BUMN BNI. 

Di masa pandemi seperti sekarang, UMKM Muda Virtual Week tetap menjalankan anjuran untuk melakukan physical distancing. Maka dari itu acara ini akan mengajak para milenial untuk melakukan tur bisnis secara virtual. Salah satu tujuan tur bisnis adalah UMKM Muda Arma Rifai, Founder dari Domba Berkah. Hal ini pun menjadi harapan agar para milenial bisa melihat secara langsung proses dari bisnis tersebut. 

Kedepannya, Rumah BUMN juga diharapkan menjadi coworking space bagi anak muda untuk turut aktif berkolaborasi dengan UMKM sehingga kreativitas dan digital skill yang dimiliki anak muda ini dapat turut mengembangkan local brand yang kreatif dan mendunia melalui pemasaran digital,” jelas Meiliana. Di sisi lain, Bima Rizky sebagai CO Founder Ayo Naik Kelas juga mengatakan bahwa kini para milenial yang sudah bergelar sarjana juga banyak yang memilih menjadi wirausahawan.

Ia mengharapkan dengan adanya program ini, para calon wirausahawan muda mampu terdorong untuk berkembang serta menemukan wadah untuk berbagi informasi serta pengalaman mereka kepada peserta UMKM Muda Indonesia yang lain.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button