Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar KreatifPelaku Kreatif

Sah! Telah Berdiri Koperasi Pertama di Bidang Studio Game, Koperasi Jasa Let’s Play Game Studio

Ditulis oleh: Arif Bawono dan Didik Sulistiyo

Indiekraf.com Industri game di Indonesia mendapatkan tambahan 1 studio game baru yang akan ikut menyemarakkan dunia game developer. Studio game yang berbasis di Jawa Timur ini akan berfokus pada game-game yang mengantarkan nilai-nilai edukatif untuk kalangan remaja dan anak-anak muda.

Let’s Play Game Studio menjadi studio game pertama yang berbadan hukum Koperasi jasa multi pihak di Indonesia.

Salah satu tim pendiri koperasi, Anggara Jaya Wardhana, menyatakan bahwa Koperasi ini didirikan untuk menangkap peluang bahwa Indonesia memiliki orang-orang hebat di industri game. Namun selama ini, perputaran uang industri game ini justru lebih banyak ke luar negeri.

Angga, begitu sapaan akrabnya menuturkan, dengan hadirnya koperasi Let’s play game studio ini diharapkan para pelaku game industri bisa terhubung bersama-sama melalui koperasi. Oleh karena itu pihaknya membuka kesempatan bagi siapa saja yang terlibat dalam industri game bisa bergabung bersama. Dijelaskan pula, dalam koperasi ini bisa beranggotakan game designer, game developer, game animator, game illustrator, game producer, game programmer, sound effect specialist dan lain sebagainya.

Lebih lanjut dijelaskan, bentuk koperasi yang dibentuk adalah koperasi jasa multi pihak. Sehingga Let’s play game studio memfasilitasi para penggiat game industry yang sudah memiliki brand. Sehingga tidak hanya perorangan namun entitas bisnis yang ada di Indonesia bisa bergabung.

“Koperasi ini baru resmi terbentuk pada 26 April 2024 dan sudah memiliki badan hukum, setelah berproses dari awal tahun 2024. Para pendiri koperasi ini terdiri dari berbagai macam latar belakang mulai dari game programmer, illustrator, game desainer, guru, sound engineer, pendidik, hingga penggiat koperasi,”  lugasnya.

Nama-nama pengurusnya antara lain, Istivano selaku Ketua Koperasi, Kelvinsius Julio selaku sekretaris, dan Ismatud Diyanah selaku bendahara.

Angga menambahkan, Koperasi Let’s play game studio bergerak di bidang jasa pembuatan game. Koperasi ini akan fokus pada pembuatan game digital, aset-aset game, animasi game, dan juga media pembelajaran dalam bentuk game. Baik berupa game digital maupun game non digital. Jadi bukan seperti Koperasi Simpan Pinjam yang selama ini orang kenal. 

“Manfaat koperasi Let’s play game studio ini yakni untuk meningkatkan jumlah pelaku industri game dengan adanya pemberdayaan melalui koperasi studio game. Ini akan berpotensi untuk meningkatkan jumlah pelaku industri game di Indonesia, serta memperkenalkan bagaimana sistem koperasi bisa digeluti oleh anak-anak muda,” imbuhnya.

Koperasi ini juga akan terus menjaring talent-talent berbakat di industri game dan membuka lapangan pekerjaan. Termasuk akan membukakan jalur kerjasama dengan para user, baik di dalam maupun luar negeri.

“Banyak teman-teman developer game itu yang programnya itu hanya diambil part-part-nya saja untuk produk developer game di luar negeri. Dengan koperasi ini kita bisa meningkatkan perekonomian teman-teman terutama anak-anak muda,” pungkasnya.

Baca Juga:

Game Dev Malang (GDM) Jadi Komunitas Pertama Pengguna IndigoSpace Malang
Game Developer Jatim Ajak Para Game Developer di Malang Terinspirasi Buat Game Profesional
Amogasakti Trading Card Game Karakter Wayang, Ciptaan Mahasiswa di Malang

Show More

Related Articles