Desain Komunikasi VisualDesain ProdukIndustri KreatifKabar Kreatif

Saingi Tesla, Lamborghini Segera Produksi Mobil Listrik

Indiekraf.com – Persaingan mobil listrik terus memanas. Telah banyak perusahaan mobil dunia ikut memproduksi mobil ramah lingkungan tersebut, termasuk Lamborghini. Perusahaan dari Italia tersebut dikabarkan akan segera merilis mobil barunya dalam waktu dekat.

Lamborghini telah berhasil memproduksi jenis mobil supercar hybrid dalam bentuk 6.5 liter, 819 HP V12 Sian. Namun, mobil tersebut adalah seri terbatas yang hanya diproduksi sebanyak 63 mobil dengan harga sekitar $3,7 juta.

Baca juga Mengintip Glueh 1.0, Mobil Listrik Karya Mahasiswa Aceh

Elektrifikasi pada model itu juga sangat ringan, dengan mesin 785 HP V12 yang dikawinkan dengan motor listrik 34 HP untuk menghasilkan suara off-the-line ekstra. Seri mobil supercar hybrid dari Lamborghini ini juga menggunakan superkapasitor daripada paket baterai lithium.

Foto via Lamborghini
Foto via Lamborghini

Produksi mobil ini ini akan tiba pada tahun 2023 mendatang dan Lamborghini akan memiliki versi hybrid dari seluruh jajarannya, termasuk Huracan, Aventador dan Urus, pada tahun 2024. Perusahaan ini menghabiskan sekitar $1,8 miliar untuk transisi ke hybrid. Ini merupakan yang terbesar dalam sejarah perusahaan tersebut. Mereka juga menjanjikan akan memberikan pengalaman berkendara Lamborghini yang ‘otentik’

Baca juga Jaguar Digadang Hanya Akan Jual Mobil Listrik, Ini Alasanya!

Belum disebutkan bentuk hybrid apa yang akan diambil (plug-in atau lainnya), akan tetapi Lamborghini telah memiliki tujuan untuk mengurangi emisi CO2 sebesar 50 persen pada awal 2025. Dengan begitu, persaingan di pasar mobil listrik akan semakin memanas.

Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini jika kita berbicara mengenai mobil listrik, maka kita akan langsung terpaku dengan Tesla. Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk tersebut bisa dikatakan masih menjadi perusahaan mobil listrik terpopuler di dunia.

Melihat sekarang telah banyak perusahaan yang ikut memproduksi mobil listrik, Tesla harus berusaha untuk lebih kreatif agar bisa tetap bersaing dengan para kompetitornya. Namun, jika dilihat secara keseluruhan, kita harus bangga karena telah banyak perusahaan yang ikut memperdulikan global warming melalui pengurangan CO2 di udara dengan adanya mobil listrik.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Lamborghini plans to launch its first fully electric car before 2030

Related Articles