Digital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Samsung Siapkan Teknologi 6G dengan Kecepatan 1.000GB per detik!

Indiekraf.com – Samsung dikabarkan telah mempersiapkan teknologi wireless networks generasi ke-6 atau 6G yang rencana akan selesai pada tahun 2028 mendatang. Selanjutnya, teknologi 6G tersebut akan mulai dikomersialisasikan pada tahun 2030.

Informasi tersebut terdapat dalam dokumen berjudul “The Next Hyper-Connected Experience for All” yang dirilis oleh Samsung pada hari Selasa (14/07/2020) lalu. Samsung mengatakan bahwa mereka telah memiliki startegi untuk mengembangkan teknologi 5G menjadi 6G. Selain itu, mereka juga menjabarkan visi dan strategi seputar generasi baru dari teknologi 5G tersebut.

Samsung juga memberikan beberapa informasi mengenai kelebihan dari 6G. Teknologi generasi baru ini dikabarkan akan memiliki kecepatan transfer data hingga 1.000 GB per detik. Selain itu, 6G juga memiliki keunggulan dengan memiliki air latency kurang dari 100 mikrodetik. Teknologi ini 50 kali lebih cepat daripada generasi sebelumnya yaitu 5G. Semakin rendah air latency, maka akan semakin rendah pula lag yang akan dirasakan oleh user.

Dikutip dari media Korea JoongAng Daily (koreajoongangdaily.joins.com), Kepala Advanced Communications Research Center mengatakan bahwa mereka telah mempersiapkan teknologi 6G ini sedini mungkin,

“While 5G commercialization is still in its initial stage. It’s never too early to start preparing for 6G because it typically takes around 10 years from the start of research to commercialization of a new generation of communications technology,”

“Ketika rencana komersialisasi 5G masih dalam tahap awal. Bukan terlalu dini untuk mulai mempersiapkan 6G karena biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 tahun dari awal penelitian hingga komersialisasi dari generasi baru teknologi komunikasi.” ujar Choi Sung-hyun, head of the Advanced Communications Research Center.

Baca juga Tips dan Trik Foto Produk ala Low Budget

Samsung sebelumnya telah memperoleh tugas untuk mengembangkan 5G di seluruh dunia. Amerika Serikat, Canada, Australia, Jepang dan New Zealand adalah negara yang siap untuk menerapkan 5G. Sebelumnya, Korea telah berhasil menjadi salah satu negara pertama yang mengkomersialkan 5G tahun lalu.

Choi Sung-hyun menambahkan bahwa keberhasilan dalam mengembangkan teknologi 5G tersebut akan menjadi “modal” penting untuk mengembangkan 6G.

Baca juga 5 Situs Freelance untuk Menambah Penghasilan

“We’ve already launched the research and development of 6G technologies by building upon the experience and ability we have accumulated from working on multiple generations of communications technology, including 5G. Going forward, we are committed to leading the standardization of 6G in collaboration with various stakeholders across industry, academia, and government fields.”

“Kami telah memulai penelitian dan pengembangan teknologi 6G dengan membangun teknologi berdasarkan pengalaman dan kemampuan yang kami kumpulkan saat bekerja pada beberapa generasi teknologi komunikasi, termasuk 5G. Ke depan, kami berkomitmen untuk memimpin standardisasi 6G yang bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan di bidang industri, akademisi, dan pemerintah.”

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] ‘It’s never too early to start preparing for 6G,’ says Samsung Research head

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button