Acara KreatifDesain Komunikasi Visual

Segera Hadir ! Event Kolaborasi Malang Design Wave di Kota Malang

Malang Design Wave adalah event kolaborasi lintas asosiasi dan komunitas dibidang desain yang berkolaborasi dengan stakeholder ekonomi kreatif.

Indiekraf.com – Malang Design Wave merupakan sebuah acara di bidang desain diselenggarakan di Kota Malang bertemakan “Between Visual and Usefulness” yang berkolaborasi dengan akademisi, pemerintah, bisnis, komunitas. 

Penggunaan kata “wave”, yang berarti gelombang perubahan yang terjadi melahirkan sebuah revolusi baru, identitas baru, dan banyak hal-hal baru lainnya. Masuknya berbagai gelombang perubahan tersebut turut mengubah pandangan dalam berbagai aspek baik dari segi disiplin ilmu, gaya desain, tujuan, dan kegunaan desain itu sendiri. Penggunaan kata wave ini diharapkan dapat memicu “wave” selanjutnya dalam konteks gerakan yang terbarukan setiap tahunnya ketika acara semacam ini berlangsung.

Malang sebagai kota wisata dengan keindahan serta pesona wisata yang sangat menarik, menyenangkan dan nyaman menjadikan kota ini sebagai sumber inspirasi bagi para local pride yg ada di Kota Malang untuk memunculkan ide dan hal-hal baru salah satunya dengan ide desain. Malang Design Wave tidak tanya berpusat pada desain digital, karena akan memuat dari beberapa aspek desain lain seperti :

  • Art 

  • Interior 

  • Arsitektur

  • Fashion

  • dan masih banyak lagi

Dengan mengangkat tema “Between Visual and Usefulness”, acara ini bertujuan untuk memberikan ruang kolaborasi antar stakeholder dan berbagai bidang ilmu desain serta dapat berfokus untuk mengangkat SDM dan local pride yang ada di kota Malang dengan mengenalkan pendidikan terkait pengembangan desain kepada masyarakat luas.

Acara ini berkolaborasi dengan sektor akademisi, pemerintah, bisnis, dan komunitas. Diharapkan dapat menyumbangkan perubahan dan sinergi positif bagi ekosistem industri kreatif khususnya bidang desain di Indonesia. Kegiatan ini memiliki beberapa rangkaian antara lain :

  • Exhibiton : sebuah rangkaian acara dimana setiap kolaborator bisa memamerkan hasil karya anggota mereka.
  • Workshop : persembahan dari setiap kolaborator yang tergabung dengan Malang Design Wave, materi disesuaikan dengan kontribusi dari masing-masing kolaborator.
  • Design Trail : merupakan kunjungan ke tempat pemilik karya desain  baik itu desain studio, gallery museum, archive design dan tempat-tempat lainnya yang berhubungan dengan desain untuk diskusi karya ditempat tersebut. Diskusi bisa meliputi sejarah, proses pembuatan, hingga impact yang ditimbulkan dari karya yang telah dibuat.
  • Conference : pembahasan tema yang diambil dalam acara  yaitu “Between Visual and Usefulness” dan sub tema yang diambil disesuaikan dengan komposisi setiap kolaborator dalam bidang ilmu yang ada.
  • Awarding : penilaian berdasarkan kontribusi atau seberapa berpengaruh kontributor tersebut pada sebuah ekosistem di bidang desain di kota malang yang meliputi berbagai aspek

Bagi Anda yang ingin update Informasi lebih lanjut bisa terus update di kanal berikut:

Instagram: @malangdesignwave
Facebook: Malang Design Wave
Twitter: @mdwavedesain
Website: malangdesignwave.org

Press Release MDW | Penulis: Ivan Fadila Putra

Baca Juga :

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close
Close