Industri KreatifKriya

Sepeda Bambu G20: Produk Lokal dengan Kisah Inspiratif!

Indiekraf.com – Perhelatan KTT G20 Bali baru saja selesai dilangsungkan. Gelaran yang diselenggarakan pada 15-16 November 2022 lalu ternyata menambah pengetahuan baru bagi masyarakat. Salah satu hal yang menarik perhatian di acara tersebut adalah sepeda bambu G20 yang digunakan oleh beberapa peserta. Ternyata, sepeda tersebut adalah produk buatan lokal lho guys!

Sepeda Bambu G20: Produk Lokal dengan Kisah Inspiratif!

Sebagian masyarakat ramai membicarakan tentang sepeda bambu G20 yang digunakan di acara tersebut. Keunikan dari sepeda ini tentu saja dari konsepnya yang berbahan dasar bambu dan besi. Masyarakat mulai terlihat antusias dengan produk ini. Tak disangka, sepeda tersebut adalah produk asli Indonesia!

Sepeda bambu g20
Sumber : Instagram @bamboo_foundation

Karya anak negeri ini bernama Spedagi GORo Nusantara. GORo dalam nama tersebut memiliki arti baik di dalamnya yaitu Gotong Royong. Dalam penggunaannya, diharapkan agar sepeda ini bisa mengingatkan kita untuk terus bergotong-royong di kehidupan sehari-hari.

Sepeda ini juga menjadi gagasan dari Yayasan Bambu Lestari bersama dengan Spedagi Movement. Yayasan Bambu Lestari sendiri merupakan yayasan yang memiliki fokus dalam ekonomi restoratif dengan basis desa dan industri bambu rakyat. Spedagi Movement pun kini aktif memberikan spotlight terhadap karya berbasis bambu. Keren banget, kan?



Cerita di Balik Hadirnya Spedagi

Spedagi sendiri berasal dari kata ‘sepeda pagi’. Dikutip dari situs resmi mereka, spedagi.com, kegiatan bersepeda pagi sering dilakukan oleh Singgih S. Kartono sebagai upaya menjaga kesehatan. Dengan ketertarikannya, Singgih pun mulai mengembangkan ketertarikannya pada desain sepeda bambu di awal tahun 2013. Penggunaan bambu sendiri menjadi pengingat bahwa komoditas bambu yang ada di Tanah Air begitu melimpah. 

Sepeda bambu Spedagi sendiri tak hanya menjadi wujud produk berbasis sumber daya desa, tetapi juga sebagai pemicu lahirnya gerakan revitalisasi Desa Spedagi. Gerakan tersebut memiliki tujuan untuk membawa desa kembali menjadi komunitas lestari dan mandiri. Hasilnya pun terbukti dengan digunakannya spedagi sebagai sepeda bambu G20 yang kini menjadi viral. 


Baca Juga Grotesk: Sepeda Kekinian Berkualitas, Asli Buatan Arek Malang


UMKM Sidoarjo Buat Sepeda Lipat! Ssst… Mirip Brompton, lho!

Intip 3 Sepeda Merk Lokal yang Dipamerkan Jokowi!

Related Articles