Acara KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKota Kreatif

Sertifikasi HKI & Branding Clinic Disporapar Kota Malang x Indiekraf Indonesia

Indiekraf.com – Sebagai intellectual property (IP) HKI atau Hak Kekayaan Intelektual adalah hak eksklusif yang diberikan suatu hukum atau peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Pada intinya HKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual.

Namun sayangnya memang urgensitas HKI di Indonesia dan di Kota Malang pada khususnya belum benar – benar disadari kepentinganya. Hal inilah yang menjadi motivasi utama Indiekraf bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, dalam menggelar Sertifikasi HKI dan Klinik Branding di IndigoSpace Malang (08-09 November 2022).

Baca Juga:

“Penting gapenting sih sebenarnya, belum urgent untuk diawal tapi memang kalo usaha kita sudah berkembang besar, HKI ini menjadi hal yang paling penting, makanya kalo bisa segera mungkin ketika kita sudah memiliki usaha dan brand untuk segera didaftarkan karena sekarang sudah murah dan mudah untuk memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI),” ujar Direktur Utama PT Indiekraf Indonesia, M Ziaelfikar Albaba.

Event di penghujung tahun 2022 ini diikuti tidak kurang dari 40 an peserta terpilih, yang sebelumnya dikurasi dari 106 peserta yang mendaftar secara daring sebelumnya.

Sementara, Kasi Pemasaran Ekonomi Kreatif Disporapar Kota Malang Indhira Dwi Nanda menyampaikan bahwa pihaknya berharap, ke 40 peserta yang telah mengikuti pelatihan ini, bisa  benar – benar mendapatkan sertifikat HKI nya, yang mana akan sangat bermanfaat bagi usaha mereka ke depannya.

“Dalam acara ini peserta yang terpilih tentunya diberi pengarahan alur dan tahapan dalam sertifikasi HKI, karena Output Outcome yang di harapakan dari kegiatan ini memang diutamakan terfasilitasinya pelaku Ekonomi Kreatif yang berdomisili Malang Kota,” ucap Indhira Dwi Nanda.

(Aulia/ Hino K)

Related Articles