Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDesain Komunikasi VisualDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifPelaku Kreatif

Startup KaryaKarsa Berhasil Lolos di Porgram Accelerating Asia 2020 Angkatan ke-3

Indiekraf.com – Program Accelerating Asia tahun 2020 telah mengumumkan 8 startup yang berhasil lolos untuk angkatan ke 3. Startup KaryaKarsa berhasil menjadi salah satu yang lolos setelah berhasil menyisihkan sekitar 450 kandidat lainya. Mereka berhasil menjadi wakil dari Indonesia untuk program yang berpusat di Singapore tersebut.

KaryaKarsa adalah sebuah platform yang memberikan wadah bagi para kreator dan para fans-nya untuk berinteraksi. Melalui platform ini, para kreator bisa menjual hasil karyanya langsung kepada fans mereka.

Sebelumnya, startup IZY Indonesia juga mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam program Accelerating Asia tahun 2020 di angkatan ke 2.

Baca juga Selamat! Startup IZY Indonesia Berhasil Lolos Ke Program K-Startup Grand Challenge 2020

Accelerating Asia adalah sebuah program akselerator dan investasi yang fokus pada startup tahap awal. Program ini menghubungkan berbagai macam stakeholder seperti investor, mitra, dan startup di Asia dan sekitarnya.

Dikutip dari e27.co, Co-founder Accelerating Asia, Craig Dixon mengatakan bahwa saat ini, program Accelerating Asia telah menjangkau hingga negara India.

“We have expanded our geographical footprint into India and reaffirmed our presence in Indonesia via our recruitment efforts for the cohort, the talent of our startups are well placed to deliver returns for investors,”

“Kami telah memperluas jejak geografis kami ke India dan menegaskan kembali kehadiran kami di Indonesia melalui upaya rekrutmen kami untuk kelompok, bakat dari perusahaan rintisan kami ditempatkan dengan baik untuk memberikan keuntungan bagi investor,” ujar Dixon.

Baca juga Situs BLANJA.com Resmi Hentikan Layanan, Ada Apa?

Terdapat berbagai macam jenis aplikasi yang berpartisipasi pada program ini, mulai dari B2B, B2C, B2G, energi, transportasi, hingga bidang kesehatan. Setiap startup yang lolos akan menerima pendanaan sebesar S$50.000 atau sekitar 540 juta rupiah. Selain itu, startup dengan performa dan kinerja terbaik nantinya akan mendapatkan S$150.000 atau setara dengan Rp1.622.826.000 (kurs dolar singapura ke rupiah tanggal 8 september 2020).

Selain KaryaKarsa, berikut adalah daftar startup yang lolos pada program Accelerating Asia tahun 2020 angkatan ke 3, antara lain AskDr, Energi Lite, Kinexcs, Merk Ku, Shuttle, dan WeavAir. Sejak diluncurkan sejak tahun 2018, program ini telah menjadi sebuah komunitas dengan 48 founders dari 28 startup dari berbagai negara di Asia.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Accelerating Asia announces 8 startups selected for its third cohort
[2] About KaryaKarsa

Related Articles