Acara KreatifDigital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar KreatifPelaku KreatifSeni Pertunjukan

Sundance Film Festival Asia 2021 Digelar di Jakarta!

Indiekraf.com – Sundance Film Festival, salah satu festival film terbesar di dunia, dikabarkan akan hadir di Tanah Air. Kabarnya, Sundance Film Festival Asia 2021 akan dilangsungkan di Jakarta.  Nantinya, acara ini akan dilakukan secara online. Beneran gak, ya?

Sundance Film Festival Asia 2021 Digelar di Jakarta, Benarkah?
Sumber : Instagram @sundanceorg

Sundance Film Festival Asia 2021 Digelar di Jakarta, Benarkah?

Sundance Film Festival: Asia dikabarkan akan dilangsungkan di Jakarta, Indonesia! Acara festival film ini dijadwalkan akan diadakan secara daring. Untuk waktu pelaksanaannya sendiri, mereka menargetkan di pertengahan tahun 2021. Hal ini dilakukan untuk mendukung, menghubungkan, mempromosikan, dan merayakan komunitas film independen. Bentuk dukungan ini dilakukan terutama untuk pelaku komunitas film Tanah Air.

Acara ini akan diselenggarakan oleh Sundance Institute dan bekerjasama dengan perusahaan teknologi media asal Amerika, XRM Media. Selain itu, mereka juga menggandeng platform media di Indonesia yaitu IDN Media.

Penayangan Film Diselenggarakan Secara Daring

Salah satu festival film terbesar di dunia edisi Asia ini akan menampilkan sejumlah film. Film tersebut juga merupakan film yang diputar di Sundance Film Festival di tahun ini. Penayangan ini akan dilakukan serentak secara daring dan secara live. Lokasi penayangan film secara live terletak di Utah serta 20 kota di seluruh Amerika Serikat. Penayangan film-film bergengsi tersebut dilangsungkan pada 28 Januari hingga 3 Februari lalu.

Menurut Sundance Institute, beberapa pelaku di industri film melakukan perjalanan ke festival di Jakarta. Tak hanya itu, akan ada juga lokakarya untuk pembuat film level pemula dari berbagai disiplin ilmu. Tabitha Jackson selaku Director of Sundance Film Festival memberi keterangannya. “Kami sudah lama ingin memperdalam hubungan kami dengan energi yang berani dan bersemangat dari pembuatan film independen Asia,” jelasnya.

Bekerjasama dengan Media asal Indonesia, IDN Media

Winston Utomo sebagai CEO dari IDN Media pun merasa senang sekaligus bangga atas kerjasama yang dilakukan bersama dengan Sundance Film Festival. “Kami sangat senang bisa menghadirkan Sundance Film Festival: Asia 2021 untuk pertama kalinya di Indonesia.” ucap Winston.

Kami sangat yakin bahwa festival bersejarah ini akan menjadi momentum penting bagi industri film di Asia, khususnya bagi sineas dan pecinta film di Indonesia, untuk terhubung dan berkolaborasi dengan sineas di seluruh dunia. ” lanjutnya. Sundance Institute sendiri merupakan nirlaba yang memberikan dukungan kreatif serta finansial untuk para calon seniman independen. Beberapa program yang mereka buat antara lain penyediaan laboratorium, hibah, bimbingan sampai diselenggarakannya Festival Film Sundance.

Baca Juga Netflix Kucurkan USD 500 Juta untuk Bikin Film Drama Korea

Related Articles