Acara KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifKulinerMbois Media

Tehbotol Sosro Bersama Mboislisios Creative F&B Festival Pamerkan Hasil Kompetisi Kreasi Kuliner Asli Lokal Buatan UMKM

“Locals Unite Oleh Tehbotol Sosro Ajak UMKM Lokal Untuk Berkreasi Melalui Kompetisi”

Indiekraf.com – Setelah sukses dengan pelaksanaan webinar dan kompetisi resep berjudul “Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli se-Malang Raya Bersama Tehbotol Sosro” pada 07 Juni 2021, Tehbotol Sosro bersama dengan Mboislisios Creative F&B Festival menyelenggarakan workshop beserta penjurian kompetisi kreasi kuliner lokal.

Acara yang diselenggarakan secara live streaming melalui youtube, berlangsung lancar dan mendapat sambutan hangat dari para pelaku UMKM se-Malang Raya. Sejak dimulainya kompetisi kreasi kuliner asli lokal ini, terdapat 147 resep yang dikirim oleh 109 peserta se-Malang Raya secara online. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan salah satu dari program gerakan Locals Unite dari Tehbotol Sosro.

Diawali dengan pemberian materi dan pembinaan dari para praktisi kuliner serta chef nasional pada webinar sebelumnya, kali ini para pelaku UMKM berkesempatan untuk mengikuti kompetisi dan workshop yang dilanjutkan dengan ajang pameran kreasi resep dari para peserta. Para pelaku UMKM kuliner diajak untuk mengembangkan dan menciptakan kreasi kuliner asli lokal menggunakan produk Tehbotol Sosro.

Terdapat 74 resep yang terseleksi untuk dipamerkan dan dijuri oleh dua juri lokal; Pamungkas Suparmno dikenal sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang Malang Indonesian Chef Association, Wiwik Wahyuni dikenal sebagai Dosen Jurusan Tata Boga Universitas Negeri Malang, serta chef nasional – Chef Ari Galih. Melalui kompetisi ini, para peserta berkesempatan untuk mendapatkan pembinaan modal total senilai 150 juta bersama Tehbotol Sosro.

Baca juga Tehbotol Sosro Bersama Mboislisios Creative F&B Festival Memberdayakan UMKM Kuliner Malang Melalui Locals Unite

Hadir secara online dalam acara, Sabrina Kharisanti selaku Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro menyampaikan, “Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah Bersama Tehbotol Sosro ini merupakan bagian dari gerakan Locals Unite yang kami mulai sejak 12 Agustus 2020. Bidang kuliner menjadi salah satu dari 3 fokus kami, fashion dan karya seni. Harapan kami, melalui gerakan Locals Unite kami bisa membantu brand-brand lokal dengan menjadi wadah bagi para UMKM untuk berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan kuliner khas lokal”, paparnya.

Tehbotol Sosro Bersama Mboislisios Creative F&B Festival  Pamerkan Hasil Kompetisi Kreasi Kuliner Asli Lokal Buatan UMKM
Tehbotol Sosro Bersama Mboislisios Creative F&B Festival
Pamerkan Hasil Kompetisi Kreasi Kuliner Asli Lokal Buatan UMKM

Selain penjurian, dalam acara workshop tersebut turut hadir Koordinator Malang Creative Fusion – Vicky Arif yang menyampaikan apresiasinya kepada UMKM se-Malang Raya. “Saya salut kepada semangat teman-teman UMKM, yang ternyata antusiasnya, kreativitasnya, serta inovasinya begitu tinggi. Semangat ini yang dibutuhkan oleh teman-teman UMKM agar tetap terus berkembang,” imbuh Vicky.

Baca juga Gojek Permudah UMKM Jualan Online Melalui GoStore

Tidak hanya mendapat semangat dan dukungan, para peserta UMKM juga kembali mendapatkan materi dari Ken Dimas – Founder & Owner Jank-Jank Wings. Sebagai seorang pengusaha sukses yang dikenal di Kota Malang, Ken Dimas memberikan beberapa tips suksesnya kepada para UMKM. Ken mengatakan bahwa, “Menjadi pelaku usaha kuliner memang bukan hal yang mudah, apalagi di tengah pandemi dan perkembangan zaman. Kita harus selalu berinovasi dan berkreasi agar produk kita bisa diterima oleh konsumen dan dapat bersaing secara lokal maupun global,” papar Ken.

Resep kreasi peserta tidak hanya dinilai secara konsep, namun turut dilakukan tasting kepada dewan juri. Sebagai salah satu dewan juri, Chef Ari turut mengevaluasi resep-resep yang dikirimkan peserta. “Kreativitas peserta ini luar biasa. Kuliner yang dibuat sangat beragam, mulai dari kudapan, makanan berat, hingga dessert. Kombinasi resep khas lokal dengan Tehbotol Sosro menghadirkan rasa yang unik yang menambah nilai pada kuliner yang disajikan peserta. Kompetisi yang cukup ketat untuk memilih juara lokal”, jelas Chef Ari.

Kreasi resep peserta dinilai dari segi rasa, tampilan, dan keselarasan. Setelah hampir setengah hari dilakukan proses penjurian, terpilih tiga pemenang utama yang diumumkan melalui live streaming tersebut. Pemenang pertama adalah kreasi Tea Tropple oleh Sunseya Putri, juara dua adalah Prol Tape Milktea Tehbotol Sosro oleh  Riska Padmianti, dan juara tiga adalah Ora Adus Raca Lepa Tehbotol Sosro oleh Sri Rahayu. Meski hadir melalui zoom, Sabrina turut memberikan selamat kepada juara yang terpilih.

Baca juga Pelaku UMKM Jangan Bingung, Tiktok Akan Bantu Lebih “Go Digital” Dengan Cara Ini

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang juara 1, 2, dan 3. Niat baik kami melalui kegiatan kreasi kolaborasi kuliner khas lokal ini, semoga menjadi langkah awal yang baik bagi para pemenang maupun peserta yang sudah bergabung dalam kompetisi. Untuk para peserta yang belum terpilih sebagai juara, kami juga sangat mengapresiasi kerja keras dan kreatifitasnya, mari terus berkarya dan berkolaborasi dengan Tehbotol Sosro di kesempatan yang lain. Kedepannya para peserta diharapkan untuk bergabung di dalam Gerakan Locals Unite, sehingga karya mereka dapat dikembangkan lebih lanjut lewat bimbingan yang diberikan” papar Sabrina.

Selaras dengan kegiatan webinar, kegiatan workshop dan penjurian kompetisi ini juga akan hadir di lima kota/kabupaten lainnya, yaitu Solo, Yogyakarta, Majalengka, Palembang, dan Pontianak. Bersama enam daerah tersebut, Tehbotol Sosro mengajak para pelaku UMKM untuk berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan kuliner asli lokal. Dibawah naungan gerakan Locals Unite, Tehbotol Sosro ingin berkolaborasi dengan UMKM lokal untuk meningkatkan perkembangan kuliner khas lokal serta mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk lokal.

 

Tentang  Tehbotol Sosro

Tehbotol Sosro adalah teh siap minum dalam kemasan botol beling pertama di Indonesia dan di dunia yang diproduksi oleh PT Sinar Sosro.  Produk ini muncul pada tahun 1969 atas gagasan untuk menjual teh siap minum dalam kemasan botol beling di Jakarta.  Nama Tehbotol Sosro diambil dari nama teh seduh Cap Botol (yang merupakan bahan baku utama dari Tehbotol Sosro) dan nama keluarga pendiri yakni Sosrodjojo.

Saat ini Tehbotol Sosro tersedia dalam varian kemasan botol beling, botol plastik, tetra pak dan kaleng.  Tehbotol Sosro dalam kemasan botol beling telah mengalami tiga kali perubahan desain botol dan logo yakni pada tahun 1969, lalu pada tahun 1972, dan terakhir yang masih bisa dijumpai di pasar sampai saat ini adalah kemasan tahun 1974.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Devyana Tarigan
Dept. Marcomm & PR
PT Sinar Sosro
0811-1063-6436

Related Articles