Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Terus Berinovasi, Facebook Ciptakan Fitur Podcast

Indiekraf.com – Facebook dikabarkan sedang mengembangkan fitur pemutar podcast. Informasi tersebut telah mengkonfirmasinya pada hari Senin (26/04) kemarin. Fitur tersebut nantinya akan terpisah dari Spotify. Para podcasters akan dapat mendistribusikan podcast mereka melalui halaman Facebook mereka.

Detail mengenai informasi fitur baru ini masih belum jelas. Fitur tersebut mungkin saja beroperasi melalui RSS atau para podcaster memiliki cara ‘backend’ untuk mengunggah konten mereka ke Facebook. Menurut keterangan resmi, Fitur podcast ini diharapkan akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga Bisakah YouTube Shorts Mengalahkan Popularitas TikTok?

Sebelumnya, sang CEO Facebook Mark Zuckerberg telah menjelaskan tentang kemitraan dengan Spotify, terutama dalam hal “musik” selama obrolan dengan penulis Platformer Casey Newton beberapa minggu yang lalu. Sehingga, lahirlah Spotify’s miniplayer yang bisa diputar di Facebook.

Namun ternyata, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut memiliki rencana lain. Mereka kali ini benar-benar fokus untuk mengembangkan fitur podcast. Hal ini akan membuat para podcaster dapat membagikan podcast mereka dan mendengarkannya dari dalam aplikasi Facebook tanpa benar-benar menavigasi ke Spotify.

Ketertarikan Facebook mengembangkan fitur podcast sangat masuk akal. Hal ini dikarenakan saat ini telah terdapat lebih dari 170 juta orang telah terhubung ke halaman podcast dan terdapat sekitar 35 juta orang yang juga menjadi penggemar dalam acara tersebut.

Baca juga TikTok Menjadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh! Mengalahkan Facebook

Selain itu, podcast pada dasarnya masih merupakan produk berbasis iklan, yang berarti Facebook dapat mengumpulkan data tentang show dan menargetkan iklannya sendiri terhadap pendengar yang spesifik. Cara tersebut juga dapat menawarkan para podcaster untuk menempatkan mereka di belakang paywall langganan, mirip dengan Langganan Apple Podcasts yang akan datang.

Masuknya Facebook secara resmi ke ‘pasar’ podcast menandakan bahwa hampir semua raksasa teknologi menjalankan produk podcast mereka sendiri, termasuk Apple, Google, dan Amazon. Hal ini tentunya membuat Spotify dan aplikasi kecil lainnya harus bisa lebih kreatif agar dapat tetap bersaing dengan perusahaan besar tersebut.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Facebook is building its own in-app podcast player

Related Articles