Industri KreatifKabar Kreatif

Tinggi Permintaan, Industri Sepeda Dalam Negeri Justru Dapat Tantangan Ini Dari Pemerintah

Indiekraf.com – Bersepeda hingga saat ini masih menjadi tren olahraga yang banyak diminati masayarakat Indonesia. Hal ini membuat penjualan produk sepeda meningkat. Pada akhir semester II/2020, industri sepeda di Indonesia mendapatkan lonjakan permintaan yang cukup tinggi.

Namun sayangnya permintaan pasar yang tinggi tersebut belum bisa dimaksimalkan secara maksimal. Dikutip dari bisnis.com, PT Insera Sena (Polygon) menyatakan bahwa kemampuan produksi mereka masih terbatas. Hal ini disebabkan karena adanya keterbatasan bahan baku industri sepeda di dalam negeri. Keterbatasan bahan baku di dalam negeri ini disebabkan oleh 2 hal, pertama karena masih terbatasnya pabrikan komponen sepeda di Indonesia. Kedua adalah karena aturan larangan dan pembatasan impor komponen sepeda seperti rantai dan ban yang dibuat oleh Pemerintah.

Baca juga 3 Merk Sepeda Ini Ternyata Asli Buatan Indonesia

“Ketersediaan bahan baku bisa dikatakan masih tergantung dengan peraturan pemerintah dan juga supplier luar negeri,” ujar Direktur Polygon, William Gozalli dikutip dari bisnis.com

Hal ini membuat kemampuan produksi Polygon pada akhir semester I/2020 terbatas.

“Saat ini kendala utama kami adalah ketersediaan komponen karena sebagian besar komponen kami masih impor dan sebagian supplier kami saat ini sedang melayani permintaan karena adanya lonjakan permintaan di pasar global. [Maka dari itu, aturan] lartas impor ini sebenarnya juga sangat menganggu produksi kami,” tambah William.

Berdiri pada tahun 1989, Polygon telah menjadi produk sepeda asli indonesia yang memiliki banyak prestasi. Produk dari Polygon Bikes bahkan pernah dipercaya oleh Polygon UR Team; yang pada tahun 2017 lalu menjadi tim downhill nomor satu dunia, sebagai produk andalan mereka melaju di rangkaian UCI DH World Cup. Sepeda yang diproduksi Polygon juga pernah digunakan profesional freeriders kelas dunia, Kurt Sorge untuk 2 kali memenangkan Juara Kompetisi Freeride Terekstrem di dunia.

Baca juga Cara Membangun Startup Media & Strategi SEO Digital Marketing

Dengan memiliki produk berkualitas internasional sudah semestinya Polygon bisa memanfaatkan tren bersepeda di Indonesia dengan maksimal. Menurut William, Asosiasi Industri Persepedaan Indonesia (AIPI) telah menyampaikan surat protes akan aturan larangan dan pembatasan (lartas) impor komponen sepeda kepada Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Namun surat protes tersebut belum direspon oleh kementerian pembina industriwan.

“Kami sangat menyayangkan lartas ini karena dibuat tanpa menimbang kondisi di dalam negeri sendiri,” ucap William.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Terkendala Aturan Pemerintah, Ekspansi Pabrikan Sepeda Lokal Terganjal

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button