Acara KreatifDigital KreatifKabar Kreatif

Tingkatkan Literasi Dunia Digital Bagi Mahasiswa, Polinema Gandeng Indiekraf

Indiekraf.com – Industri dan bisnis dalam dunia digital memang menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan dalam perkembangan zaman saat ini. Merespon hal tersebut, Program Studi D4 Bahasa Inggris  untuk Komunikasi Bisnis dan   Profesional (BIKPBP) Politeknik Negeri Malang (Polinema) menggelar workshop bagi mahasiswa dan civitas akademika menggelar workshop selama 2 hari (05-6/07) bertajuk ‘IT for Creative Communication’.

Dalam workshop yang diikuti ratusan peserta secara daring tersebut, hadir sebagai pemateri utama adalah Direktur PT Indiekraf Digital Indonesia Kreatif M Ziaelfikar Albaba yang menyampaikan materi berupa pengembangan web, serta Content Specialist dari Indiekraf.com, Hino Kertapati, yang akan memberikan materi workshop berupa digital marketing.

Dalam sambutannya, Drs.  Joni Dwi Pribadi, MAB. Ketua jurusan Administrasi Niaga, Polinema Malang, menyampaikan bahwa sangat penting bagi para mahasiswa khususnya bisa mendapatkan pengalaman dan kompetensi langsung dari para pelaku industri digital. Apalagi menurutnya bentuk komunikasi bisnis dalam dunia bisnis digital memiliki keunikan yang tentu harus dipelajari dan dipahami. Agar para mahasiswa bisa lebih siap ketika harus terjun langsung ke dunia bisnis dan industri.

Baca juga: 

“Sangat penting sekali untuk mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman dan juga keilmuan langsung dari para pelaku di industri kreatif, seperti halnya dari Indiekraf ini. Karena dalam hal ini para mahasiswa nantinya akan terjun langsung ke industri ini, jika ingin sukses, tentu mereka juga harus mengenal medan dan bisa membuat komunikasi bisnis yang kreatif, sesuai dengan karakter dunia industrinya.

Sedangkan bagi FIkar, sapaan akrab M Ziaelfikar Albaba, kolaborasi ini sangat penting, mengingat memang saat ini industri kreatif juga sangat butuh insan – insan berkompetensi, seperti juga mahasiswa dari Polinema yang berkesempatan menjadi peserta workshop.

“Kami sangat mengapresiasi dari rekan – rekan Polinema dan merasa terhormat diberikan kesempatan bisa berbagi pengalaman dan ilmu bersama Mahasiswa. Karena tentu selain kompetensi keilmuan, mereka juga perlu mendapatkan pengalaman dan kompetensi dari dunia bisnis dan industri secara langsung, khususnya dari industri digital seperti startup yang senantiasa berkembang pesat seperti sekarang ini,” beber pria yang juga Koordinator di STASION Malang tersebut.

Sedangkan selepas workshop, KPS D4 BIKBP Siti Rohani, S.Pd., M.Pd., Ph.D menyampaikan bahwa dua narasumber yang hadir benar – benar bisa memberikan wawasan baru bagi para mahawsiswa, harapannya ilmu tadi bisa langsung dipraktekkan di dalam kehidupan nyata sehari – hari.

“Banyak sekali ilmu dan pengalaman baru yang kami dapatkan dari kedua narasumber workshop IT for Creative Communication, Pak Fikar dan Pak Hino. Materi yang disampaikan langsung dipraktikkan dan mendapat feedback dari narasumber. Hasilnya kami jadi bisa membuat page untuk personal dan product branding. Kami juga dibekali strategi mengembangkan usaha dengan digital marketing,” ucapnya.

Diharapkan memang dari workshop ini, para mahasiswa, khususnya dari Polinema akan memiliki pengalaman dan kompetensi terkait dengan bagaimana perkembangan terbaru dalam industri kreatif, khususnya di bisnis digital.

Related Articles